Sabtu, 13 Agustus 2011

Mudik Made in Indonesia


Yo, ayo...mudik rame rame...yooo!!! Pulang ke kampung halaman, jenguk saudara...yo!!!! Tak peduli berdesakan di bus ato kejepit kereta he..he..he..he... Gimana bagus ngga lagu rapnya..? Lumayan jadi lagu pengiring di kala mudik ( bagi yang mudik sih..). Ingat Lebaran pasti hal pertama adalah ketupat ama opor ayam dan tentu saja MUDIK bo, itu tu pulang kampung halaman bersilaturahmi ke saudara yang hanya dilakukan pas lebaran doang.Makanya orang orang pada belain mudik walau harus berdesakan di bus atau kereta. Fenomena mudik tak lepas dari budaya dan agama, dari segi agama mudik mempunyai nilai religi dengan hari raya idul fitri dimana semua orang saling bermaafan melebur segala dosa plus kesalahan,sedangkan dari budaya mudik berorientasi pada orang tidak bisa dipisahkan dengan tanah leluhurnya dari mana dia berasal.

Selain memberikan dampak positif, tradisi mudik ternyata memberikan dampak negatifnya,dampak positifnya yaitu mudik bisa dijadikan ajang pengenalan terhadap daerah asalnya, budayanya serta pengetahuan dan pengalaman tata krama dari para orang tua. Tapi disisi lain mudik juga berdampak negatif karena biasanya mudik membuat orang menjadi konsumtif, pemudik lebih jor joran beli oleh oleh buat dibagikan di kampung, alhasil uang yang dikumpulkan berbulan bulan bisa langsung habis sekejap.

Entah kenapa tradisi mudik di Indonesia begitu terasa lebih heboh dan membuat pemerintah puyeng tujuh keliling, Tiap tahun pasti saja pemerintah mengerahkan berbagai kendaraan hanya untuk mengangkut para pemudik pulang ke kampung halaman. Seirirng waktu mudik sudah menjadi suatu kewajiban bagi sebagian masyarakat, segala cara di tempuh biar bisa mudik,itu sah sah saja, bukan kah cinta kampung halaman itu merupakan sebagian dari iman, hanya saja kita bingung mudik yang baik itu seperti apa..??

1 komentar:


Accilong mengatakan...

sya bantu treak deh, ten.
mudik...mudikkk...

eh, klo treak2 gitu buknnya harus sebut trayeknya yah? biar lebih mirip kenek. hehehheh


Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Blog's Stats

 

Smile Corner | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform