Minggu, 16 Desember 2012

5 1 Flay Over , 2 Curhat .... ( 1 )

Kircon , Kircon, mangga , mangga, Aa, Kircon, Teteh. Sabelah Kiri tiasa opat ya, Ayo Teteh , masih muat kok. Bu Kircon ...Kircon!" Anto terus berteriak sambil sibuk mengelap keringat yang bercucuran di wajahnya. Tubuhnya sudah kelelahan, kepalanya berputar - putar dan kerongkongannya haus sekali.
" Om jack udah, Om Jack, ada polisi ...."  Ia menagih imbalan kepada supir yang kelihatan tenang." Enam orang lagi , To ikut aja." Om Jack belum puas . Terpaksa Anto duduk dipinggir pintu terus berteriak  seiring laju angkot Cibiru - Cicadas yang perlahan. Ia nyaris tidak kuat lagi menahan tubuhnya yang gemeteran . Di Halte Jalan Terusan Jakarta Ia bergegas turun dan memberi tempat kepada calon penumpang yang berebutan naik. Om Jack melemparkan empat koin logam lima ratus rupiah pada Anto.
" Nuhun, Om Jack ." Teriak Anto gembira.
" Hei, Anto , dapat berapa duit lu?" Joko, Asep , Agus dan Dedi menyambutnya. Anto merunduk memegangi kepalanya.
" Ah , Sial lemes Banget nih badan gue hari ini." Keluhnya. Temen - temennya melihat wajah Anto . Mereka tertawa.
" Sukurin lu. Makanya Jangan sok berlagu mau berhenti hirup tuh si Aibon. Nggak bakalan bisa , to. Itu sumber energi kita cari duit , lebih penting dari nasi. Agus jitak kepala Anto.
" Nih , ku bagi, dah . Kasihan Gua ngeliat lu kaya zombie sempoyongan, To." Asep sodorin Si Aibon.
" Akh, Jangan Sep," Anto ingin mengembalikannya.
" Alaaaahhh belagu lu, To. Udah ndak Ce es an lagi nih sama kita kita? Memang siapa yang suka nolong kalau lu ada ada apa apa . To ?" tinju Joko.
" Udah istarahat sono, lu!" dorong Asep. Anto yang sempoyongan lantas jatuh. Temen - temennyanya tertawa melihat Anto karena mereka anggap itu kejadian lucu. Kemudian mereka meninggalkannya di samping Halte itu.
Anto berjalan ke halte. Ia menghampiri  sebuah kios rokok yang sudah lama tidak di buka oleh pemiliknya. Disitu ia duduk menyandarkan badannya yang ndak bertenaga lagi. Matahari mulai berganti shift , cahayanya digantikan oleh sinar bulan dan lampu lampu jalanan. Angin dan asap knalpot kompakan sebar debu debu berterbangan. Dari arah mesjid seberang jalan sayup sayup mengumandang suara azan Magrib. Di tatapnya sekelompok gadis berjilbab yang menunda menyetop angkot. Dimatanya gadis gadis itu seperti putri putri dari negeri arab yang mustahil di jangkau. Anto mendesah , menelan ludah dan meringis kesakitan. Diambilnya Si Aibon dari Asep . Anto menatapnya , tapi ia menggeleng lemah ,di biarkannya si Aibon kering oleh angin. Anto menggelosor ditanah. Matanya terpejam rapat.

Wanita berambut keriting itu terus menganyunkan tangan kanannya kepada paha gadis kecil kurus kering dan rambut semarawut. Tangisan dan permohonan ampun dari mulutnya hanya menambah kebengisannya. Dijewernya kuping si gadis kecil itu.
" Aduh, Mak, Aduh , ampun, mak.Ampun, Mak ,ampun.... mak ,sakit, aduuuuuh." Si gadis kecil cuma bisa memegangi tangan emaknya tanpa daya perlawanan.
" Biar mati sekalian, lu! Lu kira gua enak ngelahirin lu, bapak lu sih enak, ngga kena beban apa apa . Dia tinggal kabur begitu perut gua melendung. Dia main lagi sama yang masih kempes. Gua nih , sengsara, mati - matian ngeluarin lu dari perut , ngasih makan, masak lu ngga terima kasih sama gue. Balas dong jasa gue, jangan maunnya manja - manjaan terus..."
" Mak, aduuuuhhhhh, bener , mak orang orang lagi pelit jadi ndak pada kasih duit ...."
" Masak di semua mobil pada pelit , ngga kasih seperak acan, lu pasti yang malas, nyanyi asal - asalan."  Wanita itu tampak kecepakan juga menghajar anaknya. Sejenak iya lepaskan pelintiran dikuping anak. Gadis kecil yang masih menangis karena sakit dan ketakutan pada emaknya sendiri buru buru ambil kesempatan. Lari sekencang kencangnya diantara deretan mobil mobil dijalan raya.Wanita berambut keriting itu kaget dan serta merta berteriak memanggil anaknya dan berusaha mengejarnya. Tapi cepat sekali bayangan si anak menghilang dari mata kepalanya. Sebuah sepeda motor nyaris menabraknya.
 " Sialan!" makinya kepada pengendara motor yang melaju tak penduli.Ia meyeret kaki ke kolong jembatan layang sambil terus bersumpah  - serapah.
" Kalau ketemu langsung gua bunuh tuh anak.!" gregetan seolah olah sedang mecekik leher seseorang.
"Ah, lu pikirian amat." seorang tukang rokok mendekatinya dan duduk didekatnya. Wanita itu menggeser dan pasang tampang jual mahal.
" Hidup ini harus lu bawa seneng. Lu kan masih muda, jangan stress mikiriin anak kabur. Ntar juga dia balik lagi.
" Ngomong aja lu panjang lebar. Lu laki laki tahu apa sih soal anak. Lu aja bisanya cuma bikin anak!"
" La, gua sih bukan munafik, ya Jelek - jelek gini gua belum pernah main perempuan. Gua sih nggak tegaan orangnya..."
" Nah lu kesini mau ngapain ?"
" Ya....., apa salahnya..."
"Apa salahnya apa ?"

Malam mulai beranjak sepi. Debu dan asap knalpot akhirnya mengalah pada senyap dan dingin. Gadis kecil itu masih menggiggil ketakutan mengingat kebengisan emaknya yang kali ini berlebihan dari biasanya. Pantatnya terasa ngilu, Kupingnya pengang dan pelintiran itu masih dirasakan walau ia telah berhasil melepaskan diri. Entah apa yang dilakukan emak jika ketemu dengan ku disini. Barang kali kupingnya diplintir sampe copot atau tangannya dibuat patah sekalian supaya terlihat tak berdaya dan di maafaatkan untuk mengemis dilampu merah.
Sambil sesegukan gadis itu mencari tempat yang kira kira aman buat bersembuyi malam ini.Didekatinya sebuah kios rokok yang tak menarik perhatian banyak orang , ia menjatuhkan diri disitu dan melepas tangisnya sepuas hati.di sisi lain ia sedikit bahagia bisa terlepas dari emak yang selalu memaksanya memberi setoran uang ngamen. Namun , dijalanan yang penghuninya bukan hanya dia, bukankah selalu ada orang orang dewasa yang sama kejam dengan emaknya.
Gadis itu jadi histeris memikirkan kemungkinan pahit itu. Tatkala disadar disamping dirinya ada sesosok tubuh tergeletak , rasa ketakutannya spotan bikin dia menjerit.

 Anto mengicek matanya, menatap heran pada gadis kecil disampingnya. " Eh, kenapa ? Takut ya ?" sapa anto lembut seakan- akan gadis kecil itu adik kandungnya. " Ngga apa - apa. Nama kakak Anto. Ndak usah takut. Siapa nama kamu ? Mau tidur di sini ? sudah makan belum?
Gadis itu pelan - pelan mulai tersenyum . Tatapan yang mengadung kasih sayang yang dilihatnya pada anto menyejukan rasa resah didada.
" memang saya boleh tidur disini?" tanyanya dengan riang. Anto tertawa sambil mengacak - acak rambut si gadis.
" Kenalan dulu dong, namanya siapa ?"
" Ana ." Gadis kecil menjawab malu - malu .
" Ah, nggak dengar nih . Siapa ?'
" Ana , kak Anto."
" Oh, Ana. Nama Yang cantik sama kaya orangnya ."
" Sudah makan?" tanya Anto. Ana menggeleng. Mukanya kembali ketakutan. " Nggak usah, deh. Nanti ketahuan emak."
" Kabur ya , An?"
" Iya."
" Kenapa?"
Ana menunduk sedij.
" Digebukin. Kuping dijewer sampai mau copot. Abis setoran Ana hari ini sedikit sekali, cuma tiga ribu."
" Ya udah, mau gorengan, nggak ? Anto beliin di situ tuh."
Ana mengangguk. " Tapi jangan pakai lama lama ya ka. Ana takut."



( bersambung )
NEXT - 1 Flay Over , 2 Curhat .... ( 1 )

Selasa, 13 November 2012

3 Hujan ...

Uh ... Sekarang hujan lagi 
Entah kenapa hujan kali ini yang sebenarnya sejuk terasa menganggu.
Merusak Mood yang dari kemarin emang gak ce es an
Tak memberi kesejukan pada berbagai persoalan seperti biasa.

Ya, yoo wes biarlah ...
Barangkali hujan ini bisa memberi kesejukan bagi orang  lain.

Hujan memang bukan solusi untuk hal yang sedang kukerjakan.
butuh duduk lagi , segelas milo hangat  lagi dan menguraikan satu persatu.

Aku cuma perlu fokus aja…
lewati dan nikmati aja hujan ini
NEXT - Hujan ...

Minggu, 11 November 2012

1 komentar pelangi..

dibalik awan yang putih
ada pelangi yang lndah
menyentuh kalbuku dengan haru
menghapus air mata yang mengalir
busurnya yang lndah menghilangkan kegalauan
hatiku yang bimbang dan sedih

pelangi diujung awan
masihkah ada janji kita
pelangi diujung awan
apakah hanya bias fatamorgana
bagi pandanganku

kenangan masa yang silam
lewat bagai angin lalu
membuat hati menangis sedih
akankah mereka kembali lagi

saat saat dulu kala ketika kau disampingku
sarat kenangan indah dulu
haruskah ku lepas dirimu
kuingin kau ada

kapan kita bisa menatap langit
dan mencari pelangi disana
NEXT - pelangi..

Senin, 06 Agustus 2012

3 kisah sederhana ojek payung .....

Bandung memang bukan kota hujan tapi akhir akhir ini hujan sering menyapa , kadang menguyur deras , kadang hanya merintik kecil.Sedia payung sebelum hujan kayanya bukan sekedar pepatah melainkan suatu solusi bagi masalah ,gimana ndak masalah kalo kita lupa bawa payung kan bisa gawat rencana bisa bisa gagal tengah jalan. Sore ini aku lupa bawa payung ujung ujungnya kan masalah pastinya , Untungnya kali ini masalah itu justru memberiku sebuah hikmah , Hikmah sebuah peristiwa yang amat berkesah.
Aku bekerja delapan jam sehari dari delapan pagi hingga empat sore ,karena laporan ku belum selesai terpaksa lembur sambil nunggu hujan ,sekitar jam enam hujan mereda sehingga aku buru buru pulang takut hujan tambah gede. Benar saja begitu naik angkot hujan kembali, hingga turun angkot hujan pun belum reda , terpaksa aku jalan kaki menuju rumah karena becak ndak ada pada narik semua.
Baru saja berjalan beberapa langkah , seorang gadis kecil menghampiri sambil menawarkan jasa ojek payung, sempat akan kutolak , namun melihat tubuhnya menggigil akhirnya kuterima juga tawarannya. Dalam perjalanan gadis itu selalu berjalan di belakangku atau menjauh dari dari payung yang ku pegang , kayanya ada rasa sungkan berdekatan dengan ku barulah ketika aku menarik lengannya dan mengajak ngobrol ia mendekat .
" Teh , teu aya anu ojek payung titadi," katanya mulai curhat
" Masak sih ?" pan hujanan tos titadi ma enya teu aya nu ojek payung
" muhun teu aya da payung abdi na alit teh, payung anu ageung di candak  ku si aa " keluhnya
" alim uwih sieun ku bapa di ambek lamun teu nyandak  artos ."
aku menatap wajah gadis itu beberapa saat , ia mulai bercerita keadaan rumahnya rasa ibaku mulai menyentuh ."  Abdi anak ka dua ti lima wargi teh , bapak jualan asongan emak buruh Nyeseh baju " katanya menjelaskan.
" Ooh.." hanya itu yang keluar dari mulutku, sisa belok menuju rumah dilalui tanpa kata. Sesampai depan rumah kuselipkan selembar uang dua puluh ribu ketangan gadis itu dan segera masuk. Namun gadis itu memanggilku mengembalikan uang sisanya, ku bilang padanya ambil aja kembalinya dan kulihat matanya berkaca kaca , ia mengucapakan  " hatur nuhun teteh hatur nuhun  sambil lari meninggalkan ku.
Aku menghela nafas , teringat akan adik ku  , Aku bersyukur pada Allah bahwa aku dan adik adikku tindak mengalami apa yang terjadi pada gadis itu meksi pun hidup kami pun sederhana , masa kecilku dan adik adik jauh lebih beruntung darinya , satu nikmat yang selama ini jarang aku syukuri.
Ternyata ada banyak hal disekitar kita yang patut kita nikmati dan syukuri, seperti kisah ojek payung sore ini , mungkin selama ini aku terlalu tenggelam dalam kesibukan kantor , hang out , ngebolang yang seolah tiada habis , hingga tak lagi peka terhadap keadaan di sekelilingku. Padahal seserdehana apapun kejadian harus dapat mengembalikan ruang kesadaranku untuk memaknai hidup kita di dunia ini.

# lagi lagi coret coret ndak jelas malam malam ....^_^
NEXT - kisah sederhana ojek payung .....

Selasa, 26 Juni 2012

4 Kya & Ayu

Ketika dunia berubah menjadi tanpa batas, Jarak tanpa arah dan sahabat tanpa ruang. Persahabatan maya terjalin antara Kya dan Ayu.Kisah sahabat yang membuat kita bertanya apa artinya persahabatan dunia maya itu.
KYA adalah seorang gadis yang cantik , enerjik dan luar biasa . Ia hanya mempunyai satu masalah yaitu jantungnya sehingga ia tidak diizinkan untuk beraktivitas oleh orang tuanya. Hidupnya hanya dikamar dengan sebuah laptop yang menjadi sahabat setianya. Suatu malam kya bosan berselancar di facebook yang menjadi teman sehari harinya. Tak sengaja kya masuk ke sebuah room chating yang bernama “ BT “ bertemu kya dengan seseorang sebut aja Ayu.
Ayu adalah seorang mahasiswa semester akhir disebuah penguruan tinggi terkenal di kota bandung, hari ini Ayu kecewa berat skripsinya terpaksa harus ia ulang , hari ini juga sidang pertama perceraian ayah bundanya. Merasa kecewa dengan semuanya ayu menutup dirinya dalam kamar. ia pun meluangkan gundah di hatinya dengan Berselancar di dunia maya.
Ketika Ayu memasuki sebuah ruang chating bernama “ BT “ seseorang menyapanya.
“ hai “ seseorang ber id cu_mi
“ hai juga cu_mi … asl plz?” ketik Ayu
Aku 21 f jakarta . “ bales cu_mi
“ tetangga sebrang kota nih… aku
Bandung 21 “ balas Ayu
“ Iya tetangga sbrang kota nih …:D bales cu_mi
“ Nama Plz …”
“ aku Ayu. Dan U ?” bales Ayu
“ aku Kya , ngapain sis kamu masuk room nih ?” tanya kya
“ apa yaa tersesat nih …bercanda kya tadi sih iseng aja eee ternyata Cuma ada kamu hehehehe .”
“ O… dikau lagi BT juga yuu ….” Tanya kya
“ begitulah…” bales ayu
“ O ya kenapa memang..” tanya kya
“ hihihihi lebih baik malam ini kya saja dech yang cerita kenapa BT? Ujar Ayu
Kya bercerita tentang keinginannya jalan jalan bebas , kebosenannya tentang jakarta dan dengan sabar ayu mendengarkan ceritanya kya. Tak sadar chatting itu membuat kya melupakan masalahnya. Dan sejak saat itu mereka pun jadi Sahabat dunia maya. Setiap malam Kya dan Ayu sibuk dikamarnya ,saling bercerita apa yang dialami hari itu . Tapi Kya menyembunyikan masalah jantungnya, kya tak ingin sahabat maya itu tau keadaannya.Suatu ketika Kya mengirimkan Foto buat Ayu , sesuai dugaannya, Kya gadis yang cantik dan energik walau sebatas maya ayu merasa benar benar dekat dengannya. Dan mereka pun berjanji suatu hari akan bertemu di Boscha. Kya tak mungkin melakukan pertemuan itu, namun kya tak putus asa salah satu caranya yaitu kabur untuk bertemu sahabat maya di Boscha. Dan pertemuan yang dijanjikan pun terjadi.
Didepan Pintu masuk Boscha kya datang dengan senyum manisnya dan Ayu menyambutnya.
“ hai.. ini Ayu ? tanya kya
“ iya kya ..ini Ayu .” wajahnya tersipu sipu malu.
Dan pertemuan pertama ini tidak membuat keduanya gugup malahan makin rame , bawel serasa udah lama kenal. Untuk pertama kalinya kya merasa menjadi seseorang yang bebas , loncat sana lari sini ngebolang dari satu tempat ke tempat lain . Walaupun terasa sesak kya menutupin hal ini dari Ayu iya ngga mauu hari bahagianya ini berakhir. Tanpa malu malu berfoto narsis sebagai kenangan kenangan.
Setelah Puas ngebolang seharinya tiba mereka disebuah bukit di Dago “ Bukit bintang “ namanya
“ Bukit ini kenyennn yaa Kya….” Tanya Ayu
“ Iya Kerennnnnnnnnnnnnnnn abis dijakarta ngga ada… like this “ ujar kya
“ elu kenapa kya .. cape yaa maaf ! ”
“ Gue gpp don’t worry Cuma belum makan kali … percaya deh .”
Ini pertama kali kita ketemu nih , kesan kya apa nih !” tanya Ayu
“ Ayu tuh lucu , bawel, pemalu tapi kya suka kok …dan kalau kya gimana Ayuu ? tanya kya.
“ kya tuh lebih cantik yang pasti dari Ayu .. saudara kembaran sama fotonya deh …:P jawab ayu.
Dan mereka terdiam sejak . “ Ayu setelah pertemuan ini kira kira kita bakalan ketemu lagi ndak yaaa …? Ujar kya
“ Kapanpun Tuan Putri mauuu hamba pasti datang kejakarta .” ledek Ayu
Mereka pun tertawa ….
“ Ayu mauu ndak berjanji satu hal sama kya ..?”
“ Apaan Kya …?”
“ Suatu saat jika gue ngga ada loh jangan nangis yaa , pokoknya loh harus semangat …” ujar kya
“ Bicara apaan sih kya … jelegggggg tauuu elu ngga akan kemana mana..” ujar Ayu
“ Kya terlihat mulai kelelahan wajahnya makin pucat. Namun hal itu baru diperhatikan pas di Bandara. Belum Sempat bertanya jeritan operator mba pramugari mulai memanggil kembali agar segera masuk pesawat. Membuat Kya harus segera ke pesawat. “ Ayu kya harus pergi nih …makasih yaa untuk hari ini yang menyenangkan.” Ujar kya
“ Sampai ketemu lagi kya..” sambil  Ayu memeluk kya
Mereka pun berpisah, selang beberapa menit diruang tunggu kya tiba tiba jatuh pingsan dan bikin panik orang sekitar dipanggilnya segera Ambulan. Ayu pulang ngga tahu keadaan Kya. Kya kritis dan koma beberapa waktu.
Ayu mulai berpikir macam macam tentang perkataan kya padanya waktu itu , apalagi kya tak pernah muncul lagi diruang chat diroom itu lagi semenjak mereka ketemu. Ayu kecewa Inbox , email tak pernah dibalesnya . Bahkan sms atau telp pun ngga aktif. Seribu pertanyaan bertanya dalam hati.
Untuk sesaat kya menghilang dan disaat itu hadir seseorang sahabat maya lagi Mika namanya Seorang gadis yang dikenalnya disebuah jejaring sosial , dan sesaat Ayu merasa senang . Ditempat yang lain ternyata Kya sadar dari komanya mulai mencari cari sahabat maya nya yang telah ditinggalin beberapa lama. Namun Room chat tempat mereka berdua online ndak aktif lagi ,Ayu tak pernah muncul lagi . Kya sadar dari email email yang dikirim Ayu berisi rasa kecewa apanya, Kya ngga mau jujur , kya hanya mau Ayu tahu kya itu sahabat yang cantik , bawel bukan sahabatnya yang penyakitan. Dan membiarkan semuanya menjadi tanda tanya.
NEXT - Kya & Ayu

5 Menyayangi Bintang jatuh

Aku Tahu , dia telah menetapi janjinya untuk menjadi " my friends for ever " . Meksi ku tahu , rasa berbeda telah ia simpan dalam diam.Aku ngerti kenapa  ia memilih diam. Sebab yang ku rasa kan sama demikian.Rasa sayang yang terlalu besar untuknya ,membuat ku takut.Takut jika kebahagiannya sirna.
Menyayangi seperti Bintang jatuh. Indah dan Terang lalu jatuh dan lebur .
Sekarang ku mengerti , Satu Bintang akan jatuh dan lebur.Tapi Bintang lain akan menggantikan posisinya dan kembali bersinar.Langit tak pernah bener bener gelap dan bintang bintang tak kan redup.
Sekarang aku mengerti bahwa tidak ada yang bener bener ingin pergi .tidak ada yang bener bener ingin tinggal.Yang ada pergantian.Semua berganti.Semua berubah.Seperti musim.Seperti dunia yang terus berputar.Seperti sayangku dan sayangnya.Semua berganti layaknya bintang bintang diangkasa terang dan indah.  # coret coret ndak jelas pagi pagi ....^_^
NEXT - Menyayangi Bintang jatuh

Kamis, 07 Juni 2012

3 Steak Ranjang ....

Namanya unik dan nyeleneh : Steak Ranjang, pasti dengerin namanya serasa gimana gitu ...^_^ , model steak kaya apa ya ini ???? apalagi pas liat di menunya ada sirloin telanjang panas ,terndelion telanjang bebas , wkwkwkwk makin gimana gimana gimana gitu deh.

Steak Ranjang ini tempat makan baru dijalan Dipati ukur persis depan pintu  masuk universitas Padjadjaran, tempatnya memang tenda tapi kalo datang kesana dijamin min min antri tri tri mirip antri BBM mauuuu naik. Maklum selain rasa steaknya enak , juga pas dikantong mahasiswa. # jd buat traktir pacar aman deh ...:P 

Selain komposisinya bikin kenyang dan ce es an harganya , steak ini ada level pedas loh mulai dari level PDKT , HTS (  hubungan tanpa status ) TTM nyampe Plus plus , ampun pedasnya jadi jangan jangan salah salah pilih rasa, steak ndak bakal kemakan nantinya ,selain itu pilihan sausnya  juga lengkap dari BBQ , Brown , nyampe Black peper.
Selain menu steak disini juga di sediain spaghtetti ama nasi steak ranjang.
jadi yang mauuu maem  western steak murah meriah datang aja ke steak ranjang bukannya dari jam 18.00 - 22.00 itu kalo masih kebagian ....abisnya yang datang biasa berjama'ah tuh jadi siapa cepet datang dia kebagian ...^_^




NEXT - Steak Ranjang ....

Sabtu, 28 April 2012

10 Detik detik ...


Sampai sekarang aku masih tak percaya kalau diusia 45 tahun mama hamil lagi , ketika enam bulan yang lalu mama menelpon ke kantor mengabarkan kehamilannya dengan bisik bisik dan sedikit malu malu, aku hanya diam tak percaya , bahkan setelah itu tertawa dan berkata " Masa sih, Ma ???? 
Dan keajaiban Tuhan memang terjadi . Aku tidak mengerti perasaan apa yang kurasakan sekarang. Cemas karena mama udah berkepala 4 usianya , atau malu karena di usia 22 tahun masih punya adik lagi . Apa kata temen temen kantor ku ? apa kata mas ku nanti ...??? Aku pun menutup rapat berita ini .
Mendekati bulan bulan kelahiran adalah hari hari yang menengangkan bagiku. Dalam doa kupintakan keselamatan bagi mama dan calon adikku. Namun kecemasan semakin bertambah kala pemeriksaan USG terakhir posisi adik ku sungsang dan Bidan tidak sanggup membantu proses kelahiran.
Sengaja long week end kali ini aku pulang ke bandung , hari beranjak sore, aku makin resah apalagi mama. Begitu juga dengan om dan tanteku yang sengaja ikut datang bermaksud menemai mama dihari yang menetukan ini . " Gimana udah lahir ? laki laki atau perempuan ?' tanya bapak dengan senyum cerah , senyum itu langsung hilang ketika mama keluar kamar memegangi perutnya. 
" Kita kerumah sakit sekarang ya Pa! Mama sudah tidak kuat," pinta mama memelas sammbil duduk disofa disamping tante Rima.
" Iya,iya, nanti Bapak siapin mobil dulu ."
" Ha..ha.. Bapakmu kabur , Mba. Takut disuruh nungguin mamamu melahirkan. Dari dulu dia begitu. " om Adi berkata. 
Mama semakin kepayahan, mondar mandir sambil meringis menahan sakit , sambil meminta punggungnya diusap usap. 
" Minta kain ..kain! ketubannya sudah pecah. Bapak mana ? teriak mama panik. Tiba tiba kepanikan melanda kami semua.
" Mba ..buruan panggil Bapa ! Mama udah mau melahirkan." kata tante Rima

Segera kami mengantar mama ke dalam mobil yang akan membawanya kerumah sakit.

Menurut Dokter kelahirannya masih lama, mungkin sekitar 2- 3 jam lagi  ya Rabb kasihan mama.
" Operasi aja pak ! Biar cepet " Mama panik dan tidak mau menunggu lagi. Digenggamnya tangan bapak, Bapak diam saja mendengar permintaan mama itu. Dari awal kehamilan mama memang ndak siap cuma naruri keibuannya yang membuat mama bertahan kuat selama sembilan bulan ini.
Karena tertekan dan putus asa mama menolak makanan yang diberikan suster , padahal seinget ku mama belum makan nasi sedikitpun dari pagi. 
" Ayo Ma , makan dulu , biar mba yang suapin , bujukku dengan lembut."
" Nggak mau, Mual mama mengggelengkan kepalanya."
Baru ketika bapak yang nyuapin mama mau makan walaupun hanya beberapa suapan. Ye ... mama manja juga seperti anak kecil. Hal lucu terjadi ketika bapak pamit buat sholat magrib , mama tidak mengizinkan makin erat memegang tangan bapak. 
" Mma, Bapak mau shalat dulu ,cuma bentar kok , sekarang mama sama mba aja dulu ya !" bujuk bapa dengan lembut.
Aku terus menemani mama tanpa tahu apa yang diperbuat , hanya memegang tangannya dan mengusap usap punggungnya. Mama tampak mengumpulkan tenaga , tarik nafas - dihempuskan, tarik nafas -keluarkan.
" Mama sudah tidak kuat , pa. Operasi saja ya?" Mama memelas."
" bertahanlah , Ma. Kata dokter, mama masih bisa melahirkan dengan normal . Berjuang lah Ma".
tetap pukul 19.05 dokter dan para suster masuk keruangan persalinan membantu mama , saat ini mama berjuang antara hidup dan mati. Aku ingin sekali kmenemani mama didalam tetapi ketakutan akan darah membuat ku duduk depan ruang bersalin. Tiba tiba kulihat bapak keluar dari ruang bersalin .
" Bagaimana Pa ,sudah lahir ?" tanya ku pada Bapak.
" belum " jawab bapak sambil senyum ." Mama minta kamu temenin , kasih dorongan semangat yaa ."
Walau ragu plus takut , aku masuk juga dibelakang bapa. Kuhilat 1 Dokter dan 1 Bidan 2 suster berpakaian putih ." 
" Ayo Bu... Ibu pasti bisa, Jangan menyerah , sedikit lagi kurang kuat. Ayo terus.." seperti orang sedang nonton bola , pikirku. Mama berusaha mengerahkan semua tenaga , Nafas nya tersengal , tiba tiba gumbalan darah sebesar kepalan tangan keluar , setelah sebentuk kepala mungil muncul tapi masuk lagi karena mama kehabisan tenaga. Rabb .... begitu berat berat perjuangan mama melahirkan anaknya , betapa aku semakin menyanyangi mama dan tak mau kehilangannya.
Akhirnya adik bayi lahir juga , bayi laki laki tetapi kenapa di masukan ke incubator ..?? bertanya ke bapa
Adik ngga apa apa ,dia normal hanya saja disempat kekurangan oksigen jadi harus masuk incubator untuk mencegah hal yang tidak diinginkan." Bapak menjelaskan sambil tersenyum.
Selamat datang adik cakep , Mba sayang dede ....^_^




NEXT - Detik detik ...

Senin, 23 April 2012

9 " Mama .. engkau surgaku "



Seminggu sudah mama meninggal. Apa yang kurasakan hari hari itu begitu sepi setelah mama pergi. Mama yang kusayang dan mama yang pernah ku benci .... Aku kini dilanda rasa sesal yang tak berakhir. Sewaktu mama masih ada aku selalu menjauhkan diri dari mama. Bukan tanpa alasan cuma aku tak mau menyakiti hati mama dan menambah dosa dosaku pada mama. Sebenarnya aku sayang banget sama mama, bagaimana tidak walaupun mama hidup dalam kekurangan mama sanggup berkorban bersusah payah membesarkan , merawat dan menyekolahkan aku dan mas mbaku  juga.
Pada awalnya kehidupan kami bahagia , tetapi ketika ayah mulai main perempuan keadaan berubah. Sering kali aku melihat ayah memukuli ibu ndak cuma itu mas mba ku juga tak pernah luput dipukulin , dicaci maki ayah seolah kami ini bukan anak anaknya. Dan sejak saat itu pun Mama bersusah payah membanting tulang membesarkan kami. Jam empat pagi , mama sudah bangun untuk membuat nasi uduk , Setelah selesai membungkus mama mengantarkan nasi itu kewarung warung selepas itu jualan dipasar .Aku ini anak bungsu, sebenernya mama sangat menyayangi aku dan akupun sangat manja sama beliau. Satu peristiwa yang tak dapat kulupakan adalah suatu ketika mama mengajak ku kepasar aku merengek meminta sebuah boneka, aku melihat mama ragu untuk membelinya karena melihat aku merengek akhirnya mama membelikan boneka itu. Ketika aku duduk dikelas 3 SMU , mama masih terlihat sehat , masalah kesehatan mama hanyalah diabetes saja. Saat itu mama masih sehat selalu menjagaku siang dan malam, Namun tak lama setelah itu mama mulai sakit sakitan beliau sering banget keluar masuk rumah sakit. Diabetes dan darah tinggi membuat semakin parah, akibatnya anggota badan mama sebagian jadi lumpuh.Untuk Menjaga mama mba ku yang pertama sudah menikah, mas ku kerja diluar kota jadi siapa lagi yang akan menjaga mama, kalau bukan aku sendiri. Namun aku ikhlas menjga mama.
Setahun aku merawat mama pada mulai aku bahagia bisa dekat dengan mama , tapi sayang ujian yang datang tak mampu kuhadapi, aku memang anak durhaka  karena tidak bisa melihat hikmah yang ada dalam ujian itu.
Sejak ayah kembali sifat pemarahku membuatku selalu berkata kasar pada ayah hal itu yang membuat aku selalu bertengkar sama mama.Kejadian kejadian yang tak menyenangkan itu terpaksa aku hadapi setiap hari , hal itu membuat aku bosan dan lelah tinggal bersama mama. Aku berdoa kepada Allah agar aku bisa keluar dari rumah ini, karena tak mau berdosa pada ayah sama mama. Akhirnya mba ku ngalah gantian beliau yang menjaga mama , sedangkan aku tinggal di kost deket tempat kerja ku,walaupun kelihatan senang tapi aku selalu kepikiran mama.  Bila libur long week aku selalu kunjungin mama , hatiku jadi sedih jika pulang mama hanya diam dan aku merasa canggung , kaku untuk berbincang dengan mama, padahal aku ingin sekali bercanda, bercerita dengan mama.
Mungkin itu pertanda mama akan pergi untuk selamanya ,terasa sesak jika aku mengingatnya ketika seminggu lalu pamitan kembali ke kost, seperti biasa aku bersalam dan meminta maaf , mama berkata dengan lembut " Kamu tak pernah melalukan kesalahan apapun kepada mama." Sekarang aku benar benar mengakui bahwa hati mama begitu mulia, mama surga dalam hidupku, namun aku begitu bodoh tidak memahami beliau. Sekalipun sakit mama tak mau jadi beban anak anaknya, mama selalu memohon kepada Allah agar cepat mencabut nyawanya. Sejahat apapun orangtua kita, hanya Allah saja yang berhak menghukum, bukan kita insan yang lemah ini. Sebagaii anak sudah menjadi keharusan untuk mendoakan keselamatan , merawat orang tua kita selagi masih ada waktu. Hari hari terakhir menjelang kematian mama, aku bahkan tak ada disampingnya. Cuma doa agar Allah mengampuni dosaku terhadap mama.
Benarlah firman Allah yang berarti :
" Dan kami perintahkan kepada manusia ( berbuat baik ) kepada ibu bapanya. Ibu telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah tambah. dan menyusuinya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKU dan kepada ibu bapamu, hanya kepadaKulah kembalimu." (QS: Luqman, ayat 14 )
NEXT - " Mama .. engkau surgaku "

Sabtu, 24 Maret 2012

3 Aku ingin menikah ....

" Mir, ada surat!" teriakan itu berasal dari ruang tamu. Berlari aku keluar kamar meninggalkan kertas kertas gambarku.Itu pasti surat dari mama, yang memang ku tunggu tunggu.Benar saja, itu surat dari mama segera mengambil posisi terbaik diatas tempat tidur. Aku menulis surat kepada mama sebulan lalu isinya tidak minta kiriman uang seperti biasa , bukan juga mengabarkan kalau aku sakit. Isi suratku itu sangat singkat Begini " Mama , aku ingin menikah. Apakah bapa mama dan yang lainnya setuju dan merestui ? Mira tunggu balasan Mama. Dan sekarang aku menerima balasannya.
Sebenarnya , keinginan menikah itu sudah ada sejak setahun lalu dan memang udah ada yang memintanya padaku , mas Haris namanya berhubung kuliah blom selesai maka aku menundanya hingga setahun. Sehubungan kuliah the End dan wisuda sebentar lagi maka berani ku bertanya akan hal itu . Tak sabar, akhirnya kurobek amplop surat dari mama dan mengeluarkan berlembar lembar dari dalamnya . Pasti isinya nasehat dari A sampai Z yang ujung ujungnya pasti penolakan beliau. Daripada penasaran ada baiknya aku baca deh ..
Pantas saja surat berlembar lembar gitu ternyata bukan cuma mama yang bales tapi semua orang rumah ikut bersuara ada enam surat lengkap dengan nama masing masing. Aku tersenyum mirip kertas ujian saja . Ah surat siapa yang harus kubaca duluan jadi bingnung, kayanya mulai surat dari mama deh .
Mama
Terus terang , mama kaget , putri mama yang masih suka ngambek , manja dan bawel ternyata sudah ingin menikah . Tidakkah kamu merasa terlalu muda untuk menikah ..? kenapa ndak kerja aja dulu sayang kan ijasah ntar ndak kepakai, lagi mas sama mba mu juga belum menikah apa kah kamu ingin melangkai ketiga kakamu itu? Tak baik itu ,pokoknya mama tidak setuju.
Batu sandungan pertama kujumpai. Mama tak setuju gara gara aku masih kelewat muda katanya .
Bapak
Wkwkwkwk... kamu serius nak ? Bapa ndak nyangka kalau kamu yang anak manja ternyata bisa melucu juga. Bapa tahuu kamu cuma main main kan. Coba di pikir masak masak lagi , yakin mauu nikah cepat ? memang udah ada calonnya ...?? kalo pun udah ada calonnya tapi dia belum bapa seleksi kan kalo ndak lolos seleksi bapa gimana ayo ...?? udah mendingan lanjut sekolah lagi aja deh daripada kamu cepet nikah.
Batu sandungan kedua kujumpai lagi. Bapa tak setuju karena belum ketemu dan belum seleksi calon menantunya.
Mas Heru
hebat kamu , Mir! mas ngga nyangka kamu sudah memikirkan hal itu sekarang . Mas sangat setuju , untuk biaya pesta nanti mas akan tanggung sepenuhnya. Tapi ngomong - ngomong orangnya secakep mas ndak ..??
Dari dulu, mas ku yang sulung ini memang selalu mendukung apa pun yang aku inginkan terus soal kuliah ku ini kalo bukan karena dia mana mungkin aku bisa kuliah di jogja.
Makasih mas Heru satu suara yang mendukungku... ^_^
Mba Sasa
Beda dengan mas Heru , mbaku yang nomor dua ini menolak nolak habis habisan dan sedikit menyudutkan dia bilang kalau tak akan menganggap aku adiknya lagi kalau aku melangkahinya, katanya pamali bisa bisa dia ngga dapat jodoh nanti.Kata siapa ? kalau mba Sasa mau , sebenernya udah banyak yang melamar dasar mba Sasa aja yang banyak mauunya kurang cakeplah , kurang kayalah ,yang kampunganlah pokoknya seribu alasan kalo mba Sasa.
Mas Rio
Surat dari mas Rio singkat banget cuma bilang gini " Aku ikut keputusan bapa sama mama kalo beliau setuju aku juga setuju silahkan saja, tapi kalau tidak ,jangan coba coba melanggar " katanya.
Mba Ika
Surat Mba Ika mirip surat mas Heru ,dengan mendukung kalau memang sudah ada keinginan dan kemampuan sebaiknya segera dilaksanakan begitu katanya , Dia sendiri tak usah dipikirkan karena masalah jodoh udah ada yang mengatur.
Wisuda akhirnya datang juga, aku sudah ngga sabar ingin pulang kerumah dan menyakinkan mama bapa sekali lagi. Berbekal puluhan seminar , diskusi, dan kajian tentang menikah usia muda yang telah kuikuti makin bertambah optimis menyakinkan seluruh anggota keluarga.
Perjuanganku berhasil dengan sukses ,akhirnya mama dan bapa merestuiku setelah sebelumnya berkali kali menyakinkan perlahan namun pasti bapa dan mama bilang iya kamu kami restuin, bahkan mba Sasa yang tadi nya ngga mau menganggap adik lagi kalo menglangkahinya malah mengatakan gini " de , gimana kalau kita adakan acara pernikahannya barengan saja? Mba udah punya calon dan mba yakin sesuai dengan kriteria mba .
" Tapi , Mir, calon suami siapa ? " Mas Rio tiba tiba mengajukan pertanyaan.
pertanyaan itu memang sudah kutunggu tunggu dari tadi , aku sudah sibuk membayangkan reaksi semuanya senandainya nama Mas Haris yang kusebut.
Sebelum aku menjawab tiba tiba mas Haris berkata ... " Haris yang akan menikah dengan ... Mira!" bapa ibu mas mba.
Reaksi yang kuterima sungguh luar biasa , Bola mata mama dan bapa membulat , mba Sasa dan Mas Rio menjerit .." Harisssssssssss...." mba Ika melongo, cuma mas Heru yang berkata kenapa ngga dari dulu aja ngga harus nyampe selesai kuliah juga pasti di kasih izin nikah kok.
Tapi apapun reaksi mereka saat itu , yang jelas hari ini tepat seminggu aku jadi nyonya Haris ...^_^ , terima kasih yaaa restu dan izinnya .
NEXT - Aku ingin menikah ....

Sabtu, 17 Maret 2012

11 Award for terima kasih...



Hari ini hari spesial plus cerah ceria, saya ingin sekali berbagi keceriaan bersama sahabat sahabat saya yang selalu setia hadir tak pernah bolos untuk memompa semangat saya lewat komentar komentar , senyum manis , canda tawa , iseng dan tingkah lucu lainnya di setiap postingan SMILE CORNER ini. Akhirnya dengan bekal nekat yang banyak salahnya dan sedikit bumbu 'ngawut' dalam meraciknya tapi saya niati untuk memberikan yang terbaik untuk sahabat-sahabat saya maka terciptalah " Award for terima kasih " ( gaya pakai terciptalah padahal coret coret ndak jelas ...:D )
Di bawah ini siapa-siapa sahabat saya yang berhak membawa pulang hadiah " Award for terima kasih" dari saya , sahabat itu adalah ....
1. Aulia Rahman
2. Anna Qurrota A'yun
3. Aisa julia maseti
4. Asriani Amir
5. Bonit notz
6. Fadhli Amir
7. Irma devi santika
8. Insan Robbani
9. Iswahyuni Ibrahim
10. Meutia Mansur
11. Nurul Inayah joisangadji
12. Nick Salsabilla
13. pipi Fitriyani
14. Phuji Astuty Lipi
15. Rusdah Hayati
16. Selvia Betharia
17. Uswantun Hasanah Musa

Terimakasih ya sahabat, semoga pertemanan dan tali silaturrahim ini tidak akan pernah luntur tuk selamanya . " Karena ada sahabat dunia maya menjadi begitu nyata.... "





NEXT - Award for terima kasih...

Jumat, 16 Maret 2012

6 Awards ... ( bye bye paku ... ^_^ )

Assalamu’alaikum, Jujur saja , minten blogger pemula. Sebagai seorang pemula dan mendapat award tentu saja minten merasa tersandung eeee tersanjung . Sebenarnya udah lama pingin banget pasang awardnya tapi ada masalah nih , masalah kecil sih bagi yang lain tapi bagi aku masalahnyaaa gedeeeee banget yaitu bingung cara pasangnya gimana pake paku apa double tape yaaa ...??? terus pas giliran tanya gimana caranya pasang malahan dianggap bercanda padahal seriusan ndak ngerti ... :'( , akhirnya setelah colek colek om Google , colek miss. Donat " Rusdah " via chat , menjerit by phone with miss. smile " Anna" ku coba coba pasang Awards nya .... ^_^
Award ku yang pertama ini, minten dapat Jum'at 20 Mei 2011 dari seorang teteh yang sering bikin kangen tapi plus nyebelin juga Miss Hujan " Bonit notz " .... ( abis doyan main "Ucing Sumput " dihutan ama awan sih ...^_^ ) . Selain Award jeritan teteh yang " SMILE CORNER ... sahabat blogger yang unix ini adalah barisan jiwa yang melanglang buana dengan kata" full kaidah... walau kadang sedikit but penuh trik dan intrik... ^_* " bikin pancen oye hanteu ngantos artina naon teteh ...:D . Ada syarat Biar Awardnya bisa pasang , award ini harus dibagi dengan sahabat blogger yg lain... so'... award pertama ini minten dedikasikan buattttttttttttttttt.... tettttereeeeeettetttttttttt,... 1. Mas Insan Robbani .... " Kaka Cakep yang siaap siaga , selalu siaap menjawab semua pertanyaan ku yang aneh - aneh " 2. Mba Phuji Astuty Lipi .... " Kaka Cantik yang selalu hadir , tak pernah bolos lewat komen komen lucunya ." 3. Mba Meutia Mansur ..... " keep writing kamu pasti bisa, kata kata ajaib ka Tya diakhir setiap komen ( selalu hadir ..:P ) " 4. Mba Anna Qurrota A'yun ..... " Tipe dede paket lengkap deh Cantik , imut , pinter , mandiri pokoknya lengkap..kap ...kap... " haturnuhun,.. terimakasih, tengkyu Matur suwun n syukran jazakillah buat Miss Hujan " Bonit notz " ( http://bonitnotz.blogspot.com/ ) big big big pelukan teteh .. ^_^

Jum'at , 20 Januari 2012 minten kembali menerima award dan ini merupakan awardku yang ke - 2 . Award ini diberikan oleh seorang kaka yang sering minten colek , minten repotin , yaitu mas Insan Robbani .... Matur suwun yaaa mas cakep ... ^_^ ( Untung awardnya tanpa plus plus kumpulin PR ...:D ) .Selain mas Insan ternyata eeeee ternyata Minggu 4 Maret 2012 dede cimut " Donat " Rusdah Hayati juga kembaran kasih Award ke - 4 ini , Tarimo Kasih , Terimakasih yaaaa dd cimut .... ^_^




" Teh Esti kok ndak online di bloof , Anna ada sesuatu buat teteh diambil yaa " kalo ndak salah jeritan sms jum'at 24 Februari 2012 berbunyi gitu .... ^_^ sedikit bertanya tanya dan banyak bingung " Sesuatu itu apa " akhirnya lewat si kimo bajakan perlahan namun tetep lama loadingnya kutemukan sesuatu itu ...Award ke - 3 "teh minten, sesosok kaka yang lucuu.. imuut, dan unik menurut ana.. kebiasaanya mencolak-colek, atau memanggil setiap anggota Bloof dengan sebutan "Kaka Cakeep" atau "kaka cantiik" ini membuatnya menjadi ciri khas tersendiri, yang kalau di-istilahkan.. ini mah "Teh Minteen Bangeeettt.." hhee ." Kata kata ajaib yang bikin minten 2S speacless dan seneng , Hatur nuhun yaaa teteh Anna Qurrota A'yun , " Karena ada kamu dunia maya menjadi begitu nyata ...:^_^ "

Award ke -5 ,ini adalah award kedua dari kaka cakep Mas " Insan Robbani " . Jum'at 9 Maret 2012 di Happy Birthday blognya yang ketiga beliau bagi bagi hadiah , katanya blogku adalah salah satu dari beberapa lapak blog yang telah menginspirasinya. Kaka cakep berlebihan nih , blognya kaka cakep tuh yang menginspirasi Minten matur suwun yaaa kaka cakep Awardsnya.





Tak sengaja 22 Maret 2012 lewat depan blognya miss. Smile " Anna " ku melihat ada tenda biruuu.....upss salah maksudnya ku melihat ada "The Seven Shadow " dipojokan. " award ini akan ana berikan kepada sahabat-sahabat Blog yang memiliki Template Kerlap-Kerlip, tidak membosankan " . Hatur nuhun teteh ini jadi award ke- 6 minten .. ^_^
NEXT - Awards ... ( bye bye paku ... ^_^ )

Kamis, 08 Maret 2012

7 Mba Wakil Rakyat ...

" Mba Wakil Rakyat " . Begitulah anak anak di kampung memanggilku sejak empat tahun lalu. Tepatnya, sejak aku terpilih sebagai salah satu seorang wakil dari partai jeruk nanas yang kumasuki untuk duduk di kursi jakarta sana.
Bermodalkan ijasah Sarjana tapi masih pengangguran aku pun berniat memasukin sebuah partai yang berpihak pada rakyat kecil. Dimulai ikut ikutan rapat, menghadiri setiap acara partai nyampe ikut turun kampanye memengaruhi orang orang agar ikut ke partai yang ku pilih. Usahaku tidak sia - sia berbekal pengalamanku sebagai orator semasa aksi aksi mahasiswa dulu hampir semua warga kampung kupengaruhi. " Yakinlah, Bapak - bapak dan Ibu - ibu ... dengan memilih partai jeruk nanas ini nanti , kehidupan kita akan berubah! kemiskinan , kebodohan jadi angeda partai jeruk nanas." ujarku bersemangat. Usahaku tak hanya kampanye dilapangan tapi terjun langsung memberi perhatian berlebih untuk menarik simpati mulai dari mendatangi orang sakit sambil menyerah kan sebuah amplop , membantu para petani yang kena hama dengan memberi sebuah amplop untuk mengobati sedih mereka.
Dan ternyata , pengorbananku tidak sia sia karena hampir 90 % suara kampung memilih partai jeruk nanas. tentu saja aku sering karena akan menjadi salah seorang wakil duduk di kursi MPR /DPR dijakarta. Sejak saat itulah setiap pulang kampung anak anak dikampungku selalu memanggilku dengan " Mba Wakil Rakyat "

" Mba wakil Rakyat pulang ...! teriak beberapa anak anak mengikuti mobilku yang memasukin jalan desa yang walaupun sudah diaspal tetep saja berlubang disana sini . Setelah turun dari mobil segera membagi bagikan permen dan coklat yang sudah kupersiapkan sebelumnya. Selagi menikmati permen plus coklat dilanjut ke acara ngobrol.

" Mba wakil Rakyat, enak yaa, jadi anggota MPR ? seorang anak SD tiba tiba bertanya."

Aku tersenyum. " Enak ? Ndak juga . Setiap hari harus rapat ini itu sambil memikirikan bagaimana bangsa ini maju ," jawabku "

" Tapi kok bangsa ini ndak maju maju, ya..? temen anak SD tadi ikut buka suara."

" Kita kan , terus berusaha untuk kesana ," jawab ku singkat.

" Tapi , kok buktinya ngga ada?" kali ini suara anak perempuan kepang dua
" Bukti ? kan sudah banyak yang kearah sana , jalan yg sudah diaspal , gedung sekolah dibikin baru , lalu..." aku mulai menerangkan.

" Memang diaspal, Mba. Tapi belum setahun sudah berlubang sana sini jawab anak perempuan itu.

" Itu mungkin pekerjanya bekerja asal asalan."

" Mba wakil rakyat , kata ayah saya bukan pekerjanya yang asal berkerja tapi memeng hasil maksimal yang bisa mereka lakukan.

" kok bisa gitu?" tanyaku.

" Kata Ayah , memang pemerintah sudah menurunkan dana untuk membangun jalan, tapi sekian persennya dimakan. sehingga yang sampai didesa sudah tidak utuh lagi makanya jalannya dibuat pun tidak sempurna."

" Mba Waakil Rakyat..." seorang anak kembali bertanya "

" Aku berusaha tersenyum, Ya....?"

" Kenapa sih Anggota MPR suka tidur kalo sedang rapat ..?"

" Mereka capek . Kelelahan begitu banyak persoalan yang harus dipikirkan . Jadi wajar kalau merekan tertidur ."

" Jadi, percuma dong , rapat diadakan kalau anggotanya tidur. " Ternyata anak laki laki topi merah masih protes."

" Benar Mba kalau tidur justru persoalan yang dibahas ndak pernah selesai malahan makin rumit. Terus Apa yang dibuat orang tidur ? paling cuma mimpi.

" Mba mereka tidur karena kelelahan atau karena sibuk mikirin kemana lagi uang rakyat akan dihambur hamburkan? suara bocah di pojok kursi itu bener menyindir diriku .

Sebelum aku dihakim oleh anak anak ini , ada baiknya aku pergi. Mereka memang kecil kecil tapi terlihat seperti raksasa yang siapa melumat dalam sekejap. Aku malu , bener benar malu! Anak anak itu seperti menelanjangi semua perilaku wakil rakyat sepertiku.
NEXT - Mba Wakil Rakyat ...

Sabtu, 03 Maret 2012

9 Nikah Syar'i ...

Setelah menampung beberapa ide,mengkaji beberapa sumbangan saran sahabat, dan mempertimbangkan laba ruginya dengan prinsip efektivitas, etika dan estetika ( bukan estika loh ..:P ) maka kubulatkan tekadku untuk menjadi mas mas ojek .. ^_^

Sekarang aku sedang berada disamping sebuah Bank ,menanti calon penumpang. " Mas..ojek, Mas" tawarku pada seorang lelaki muda yang lewat. " Bawa motor kok," jawabnya pendek. O.. begitu? Ya sudah. Ternyata bawa motor, katanya.Bisa juga bercanda orang itu.Tapi sebagai mas ojek yang baru berkiprah , kepekaan menaksir ramai tidaknya penumpang aku masih payah, tadi ku kira mangkal deket Bank bakal ramai ternyata salah hitung hitungan. Dari pagi belum seorangpun mau duduk di motorku ,Tapi aku senang karena aku jadi tak terlalu capek, Sebagai mas ojek yanng beragama, aku harus mensyukuri segala ketentuan Allah sebaik baik pemberi rezeki. Bagaimanapun keadaanku saat ini.Allah Maha Sempurna tak pernah salah dan keliru menetapkan seseorang pada takdirnya. O....ini dia barangkali.

Ada seorang wanita tergopoh gopoh keluar dari pintu Bank. Muka merah padam. Mungkin sedang ada masalah dengan pihak bank atau dengan seseorang diujung telpnya.

" Sopir ceroboh!" umpatnya serius" Bukan,Mbak ! ini ojek bukan sopir mba..."

Mau diantar kemana , Mba?"

" Berapa ke Rumah sakit AL -Islam ?"

" Terserah mba aja berapa."

" Lho, jangan begitu! Ayo cepet bilang berapa? kesusu nih!"

" Kalau kesusu, jangan repot soal harga, mba Naik sajalah."

" Tidak! Harus ada Deal harga dulu."

" Saya kan sudah bilang ,terserah mba mau bayar berapa."

" Hayo, berapa?"" Lima ribu gimana ."

" Lho kok murah banget? pasti karena cewek ya?" dia bertanya

Masya Allah ! ternyata pertapaan jadi mas ojek susahnya, tapi sebagai mas ojek yang baik aku malah senang mendapat penumpang begini.

" Sekarang, terserah mba aja. Naik monggo, nggak naik no problem" kataku selembut mungkin.

Akhirnya dia naik naik juga. mba ini selain cerewet tapi waspada juga ternyata, cerewetnya mungkin karena dia tak mau merugikan oranglain tapi juga tidak mau tertipu."

Kok tadi marah marah sama sopirnya kenapa mba ?"pancingku.

Abis ceroboh dia , jawabnya

Oh..

" Nah, turun disini Mas. Mas boleh menunggu atau cari penumpang lain.Saya mungkin agak lama.Nih,Makasih ya!" dia mengansurkan selembar sepuluh ribuan.

" Eh ternyata ramah juga. Aku cari uang untuk kembaliannya tapi ternyata ngga ada" Jangan, ndak usah!"

" Lho, perjanjiannya kan lima ribu? saya tidak mauu dealnya lima ribu!"

" Ngga, saya ikhlas kok!"

Ah, kupikir tidak ada gunanya berdebat sama dia, nanti malah makin rame. Lebih baik aku tunggu saja disini. Ternyata tidak lama ,kenapa tadi dia bilang mungkin lama? atau mungkin dia berhati hati dengan sesuatu yang tidak pasti?

" O...menunggu ya? memang ingin menunggu atau karena ndak ada penumpang ? tanyanya

" Karena tidak ada penumpang. Karena ingin bayar hutang ." jawab ku

Bada Isya aku nongkrong lagi di rumah sakit siapa tahu mba mba tadi siang butuh jasa ojek lagi. Perkiraanku ternyata benar... tak berapa lama mba mba itu muncul dan langsung menuju motorku.Tapi beberapa mas ojek lain mau rebutnya, bahkan ada seorang yang tangannya mau macam macam.

"He, Mas....itu saudaraku!" suaraku tinggi. Serempak mereka mundur mungkin karena ku bilang saudara, andaikata mereka serempak menyerangku ah serem juga.

" Assalamualaikum. Kemana mba ?" tanyaku

"Waalaikumsalam. ke toko terdekat yaa .

" Maaf tadi saya bilang mba saudara saya."

"Lho, bukannya sesama muslim bersaudara kan?"

"O ya, ayah mba udah baikan?"

"Lho kok tahu kalau ayah yang sakit?"

Ndak kok mba cuma tebak saja soalnya kalo Ibu yang sakit biasanya ayah yang banyak berperan, tapi saya lihat mba sibuk sendirian.

" Stop ,stop. Beli disini aja." denganberhati hati dia turun." Tunggu ya , sebentar saja."

Aku menunggu. Dan memang sebentar dia sudah kembali dengan sekantong makanan. " kaka ku ada dikota lain, lanjutnya. Wah ingatannya hebat.

" Yang bukan famili?"

" Teman dekat , maksud mas?"

" Sahabat atau pacar mungkin."

Dia diam agak lama , mungkin pertanyaan terlalu bersifat pribadi.

" Maaf untuk pertanyaan yang terakhir , kataku meralat.

" Tidak apa.Sebetulnya hampir bertunangan tapi ..."

" Kenapa? bukan tipe mba yaaa..?" pancingku

" Bukan begitu. Tapi Ayah dan pihak keluarganya minta kami nikah syar'i , aku juga ragu aku belum mengenalnya betul siapa dia. Aku takut dia terpaksa karena ini murni inisiatif orang tua kita masing masing.

" Nikah syar'i itu apa?"

" Ya nikah sekedar memenuhi syari , ada dua calon pengantin, ada wali, ada saksi , ada mas kawin dan ada ijab kabul itu saja kalo mauu pesta berarti menyusul gitu.

" Kerjanya di apa? tanyaku lanjut.

" Dia seorang pilot. Bagi aku sih dia kerja apa tuh tuh ndak masalah yang penting dia takwa, jujur, dan penuh tanggung jawab. stop stop !"

eeee ..udah sampai. Sayang sekali!" Tapi cukuplah dia memberi selembar dua puluh ribuan.

" Kok banyak banget?"

" Harga murah untuk sebuah rasa aman." jawabnya.

Andi anuradha firdaus dari mana saja kau nak ? calon mertuamu sakit, kau malah menghilang - hilang. Jangan kan membantunya , membesuknya aja kau tidak. Calon istrimu yang mengurus ini itu sendirian, ah kau ini calon suami bagaimana..."

" Tapi aku sudah membantunya, mom..!"

" Membantu apanya. Mama tanya calon istrimu dia bilang ngga ada nongol - nongol kok ..."

" Sungguh mom , Andi sudah menjemputnya di Bank , nganter kerumah sakit , dan anter beli kebutuhan di toko kok. O ya mom kalo besok bapa sama mama mauu kesana andi titip uang kembalian bilang saja dari mas ojek yang semalem, gitu."

Mama bingung. Tapi akhirnya geleng geleng kepala sambil tersenyum.


NEXT - Nikah Syar'i ...

Kamis, 01 Maret 2012

2 “ Let’s baca,, go nulis,, ”

Jujur saja “menulis” itu tak semudah “membaca“. dengan membaca, banyak hal yang kita dapatkan… mengapa tak mencoba menulis saja ??? dengan menulis, kita bisa berbuat banyak buat orang lain (insyaallah) bila tulisan kita berguna untuk semua….

ku kan coba menulis huruf demi huruf
ku tak pernah tau apa tulisan ku berguna .... atau cuma jadi sampah di pojokan .. sungguh ku tak tauu ... tapi setidaknya ku mencoba ..

ku kan coba menulis kata demi kata
ku tak pernah tau apa tulisan ku berguna .... atau cuma jadi sampah di pojokan .. sungguh ku tak tauu ... tapi setidaknya ku mencoba ..

ku kan coba menulis kalimat demi kalimat
ku tak pernah tau apa tulisan ku berguna .... atau cuma jadi sampah di pojokan .. sungguh ku tak tauu ... tapi setidaknya ku mencoba ..

" Let's go membaca ... go menulis .."

dengan membaca kita jadi pingin menulis .... dengan menulis kita terbiasa membaca ...^_^

# lagi2 tulisan aneh kan ..:D #


NEXT - “ Let’s baca,, go nulis,, ”

Selasa, 14 Februari 2012

2 Freespirit...


Saya ingin ke Pantai Tidung, Sebentar lagi saya akan kaaabuur ( berharap bisa kaabuur :P ) dan menyepi ke Pantai tidung.Camping.Backpacking.Jangan tanya saya kenapa pantai tidung, dan dari mana ide nama ini muncul.Pernah ngga seperti itu ? mendadakan ingin sekali ke suatu tempat. Tapi tidak tahu bagaimana menjelaskannya? Saya pernah ke pantai Tidung sendirian. Temen temen menganggap saya aneh plus gila karena pergi kemana - mana senangnya sendiri.Ibu Komandan pasrah (terpaksa pasrah sih ... ), ketika saya bilang, jiwa saya lagi ingin sendiri, lagi ingin bepergian.Setiap pulang bepergian sendiri atau bareng temen, saya merasakan suatu energi yang baru . Entah itu karena pengalaman yang tak terbeli, atau kenangan yang tak bisa di hapus.Atau bisa pula penyegaran dari sebuah kejenuhan.

Menulis ini, saya merindukan pantai Tidung. New Paradise, begitulah saya menyebut pulau Tidung ini.Pulau Tidung merupakan pulau terbesar dalam gugusan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau hunian penduduk ini memiliki luas sekitar 109 ha dengan populasi sekitar 5000 jiwa. Nama Pulau Tidung berasal dari kata Tidung (dalam aksen penduduk setempat pada waktu itu), yang artinya tempat berlindung, karena pulau ini sering dijadikan sebagai tempat untuk berlindung dari bajak laut atau perompak,Maka Pulau ini dinamakan Pulau Tidung yaitu pulau untuk tempat berlindung.

Pulau Tidung terhampar membujur panjang dari barat ke timur dan menjadi 2 bagian (Tidung Besar & Tidung kecil)

“jembatan cinta” adalah Jembatan penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang berjarak 3 km,jembatan ini terkesan eksotik dan menawan. Apalagi pada saat “sunrise” & “sunset” tiba. Para wisatawan berlomba menuju jembatan untuk berfoto- foto menikmati keindahannya atau mengabadikannya dengan berfoto- foto. selain itu ada Pantai Tanjongan Timur terkenal pasir putihnya , adalagi Pantai Tanjung Barat dikit sepi tapipantai ini sangat indah apabila dan mengagumkan ketika matahari terbenam. ( cocok buat yg ngga suka rame ..:P ), ada lagiPelabuhan Betok tempat paling asyik buat mancing, yang terakhir Pulau Tidung Kecil

Pulau ini tidak berpenduduk masih terlihat alami dan hijau dikelilingi pohon kelap. Di sebelah timur pulau terdapat sebuah makam yang dipercaya sebagai makam Panglima Hitam. Pulau ini juga bisa digunakan untuk area kemping bagi para petualang.

Sudah lama saya tidak keluar, ke alam bebas, berpetualang. Menjadi free spirit, dan mengkap energi.ketika saya mengeluhkan hal ini , seorang sahabat berkata, untuk bisa pergi ke suatu tempat, tidak perlu harus " pergi " kesana. Bisa lewat media lain.ia bicara soal melalang buana melalui semesta raya. Alam mimpi, Imajinasi . Alam paralel.

Jujur aku susah mengerti apa yang dikatakan beliau...? terperangkap dalam kehidupan yg itu itu aja setiap hari. Bayangkan pantai Tidung...ops, maaf itu bayang saya. Imagine : around the Indonesia in 75 days?..possible!


NEXT - Freespirit...

Rabu, 08 Februari 2012

4 jadi orang kaya pasti enak ...

Ibu, jadi orang kaya itu enak, ya? si Imut Ning yang sedang makan di pojok meja membuka percakapan, memperhatikan ibu nya yang sedang sibuk dengan sayur asemnya. Sayur asem kesukaan bapa tersayang.

Ibu tersenyum memandang Ning, senyumnya yang cantik itu selalu menghiasi bibirnya . " Enak gimana?"

" Ya enak. Apa apa tinggal beli, beli sepatu, boneka,pizza, burger...." Sambil nyerocos." Coba lihat kita, Ibu beli baju cuma setahun sekali pas lebaran doang. Ibu terenyuh mendengar kata kata Ning. Pikirannya menerawang ,bayangan sepuluh tahun silam kembali hadir dipeluk mata. Rumah besar, honda jazz diparkiran, mpok dan tukang kebun serta seorang suami yang berprofesi sebagai wakil direktur ,hingga suatu ketika suaminya di fitnah telah melakukan korupsi dan hakim memutuskan bersalah dan sejak saat itu hidup semuanya langsung berubah ,waktu itu Ning belum lahir , sedangkan Nana putri sulungnya masih bayi .

" Kemarin Faris dibelikan sepeda sama ayahnya , Ning lihat dia memakainya.Asyik Ibu. Saat ning disuruh mencobanya ."

Ning ....! ocehan Ning berhenti oleh suara panggilan dihalaman depan.

"Ibu, ning main yaa..?" itu pasti Putri , Setelah mengangguk, Ning lari kehalaman tanpa dilihat kelopak mata ibu berair.

Saat itulah tanpa disadarinya, Nana masuk ia baru kembali dari pasar. " Nah....ketahuan, deh Ibu kok nangis?"

Ibu tak sempat menyembunyikan air matanya." Ndak, Na ...."

Nana menatap wajah ibunya . Na menunggu seperti biasanya, karena ibu tak pernah menyimpan masalah apapun, sebentar lagi Ibu pasti cerita.

" Na," ibu mulai bicara, " kok nasib kita ndak pernah berubah ya?"

" Ndak berubah gimana, Bu?"

" Katanya roda kehidupan itu berputar kadang diatas kadang dibawah . Tapi ....kenapa kita terus dibawah.

Na menarik nafas mungkin rodanya rusak bu jadi ndak berputar kata Ning dalam hati. Na tahu kemana arah pembicaraan Ibu. Maksud ibu...

" Iya ...kita ini kok miskin terus."

" Bu, jangan sebut kata kata itu , siapa bilang kita miskin?"

" Jadi, menurut Na kita ini gimana? lihat sekeliling, tetangga semua udah punya TV sedangkan kita...listrik juga ikut tetangga..."

" Ibu kok bicara seperti itu? selama ini Na sangat kagumin ibu, ibu tuh sabar, lembut, gigih,tak pernah mengeluh. Tapi apakah ibu ndak tidak bahagia?"

Ibu terdiam, lalu menggeleng " Ibu bahagia walau seperti ini cuma..." cuma ibu akan lebih bahagia kalau kita seperti dulu lagi."

" nah itu dia, kebahagian adalah kekayaan yang tak bisa di beli , kita harus bersyukur ibu karena kita masih hidup dan punya tempat tinggal masih banyak orang yang tak seberuntung kita.

Ibu mendengar Nana dengan tersenyum, senyum bangga pada putrinya , dia selalu lebih dewasa dibandingkan dengan usianya tak pernah mengeluh dengan keadaaan keluarganya." Maafkan bapa dan ibu ya, Na rasa kami belum pernah membuat bahagia." Ibu menunduk

" Ibu Ning bahagia , sangat bahagia siapa bilang ibu tak pernah membahagiakan Na? Ibu mengajarkan Na shalat, mengaji . Disitulah kebahagaian sebenernya ,Ibu bukan pada harta, tapi pada perhatian dan kasih sayang yang dilandasi keimanan.

" Assalamualaikum.."seru Na. Na melangkah kedalam rumah didinding papan itu, Rumah terindah yang pernah kumiliki,pikir Na setiap masuk rumah bagaimana tidak dirumah ini Nana dan Ning dibesarkan dan dirumah ini juga dikenalan nilai islam makanya Na bersyukur punya orang tua seperti bapa dan ibu.

"Kok udah pulang, Ibu yang lagi membungkus nasi buat bapa menegur Na.

" Ada rapat guru Bu ,Oya bu biar na yag anterin ke bapa yaa na pingin makan bareng sama bapa bugkus dua yaa bu..

Iya... tapi nanti langsung pulang ndak usah bantuin bapa ya

Memang kenapa , Bu ?

Ngga kamu kan harus anterin pesan kue ke rumahnya Ibu Rosa nanti, jawab Bu seadanya soalnya ia bertekad pekerjaan apa pun boleh dibantu kecuali tambal ban

Tapi kan kue dianterin nanti sore Bu , pokok langsung pulang Bu bilang.

" Ning mana , bu ?" Na keluar dari kamarnya, Bu tersentak dari lamunannya." Tadi main sama Putri mungkin kerumah Faris ."

Setelah pamitan , Na berangkat menuju tempat tambal ban bapa keluar pintu belakang memasuki gang sempit sambil bersenandung .

" Mba, Ning ikut ke rumah Ibu Rosa ya ? tanya Ning memperhatikan Nana yang sedang menyusun kue ke dalam baki. Tumben , biasanya juga ngga , apa udah bosan bermainnya ? sahut Na tapa menoleh.

" Ngga, Ning mau bantu mba Na saja, masa Mba Na setiap hari anterin kue sedangkan Ning malahan sering main tak pernah memnbantu."

" Ning cimut kan masih kecil , jadi kerjaannya ya main jawab Na asal asalan."

" Apa mba Na dulu juga seperti Ning ? Mba Na dulu kerjanya main juga?"

" Na diam , berusaha mencari jawaban yag tepat. Dulu beda sama sekarang sayang dulu ngga ada yang bantuin ibu."

" Jadi Mba Na dari kecil udah membantuin Bu? udah kerja?

Na mengangguk ." Tapi bukan berarti mba ngga main sesekali mba juga main ngga selalu bantuin ibu.

" jadi ... Ning ikut mba yaa..? Na terseyum dan mengangguk.

" Kapan ya , mba kita bisa kaya? tiba tiba Ning bersuara.

" Kok , nanya seperti itu ? memangnya kita miskin?" tanya Na . " Ning masih makan tiga kali sehari kan? masih punya sepatu, masih suka jajan kan ..."

" Ning sayang , kita harus bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan , masih banyak orang yang tidak seberuntung kita , dan ingat semakin banyak harta yag kita miliki, maka semakin besar pertanggungjawabnya nanti ."

Ning diam , bingung karena ndak mengerti apa yang dijelaskan Na. Sebelum masuk rumah ibu Rosa na berpapasan dengan pengemis , " na masukan dua kue ke dalam plastik , Ning kasih kan sama ibu itu."

" Ternyata kita jauh lebih baik dari ibu tadi ya mba?" Ning mulai bawel lagi

" Bukan hanya dari ibu itu , masih banyak orang yang jauh memprihatikan dibandingkan dengan kita, kita begini sudah sangat beruntung , adik manis. Makanya jangan pernah mengganggap kalau kita ini miskin.

( lagi - lagi bingung ada yang mauu bantu terusin ...^_^ )






NEXT - jadi orang kaya pasti enak ...

Kamis, 02 Februari 2012

12 “ Mengeja saja saya sulit . apalagi menulis ”

Tulisan ini ada karena mbaku yang secantik Aceh raya " Meutia Rahmah " kasih PR , ndak cuma bikin panas dingin , mau ndak mauu PR nya harus tetep selesai daripada tiap namanya hadir diblog serasa ditagih ayo mana PR mu .....^_^
" Cumi kamu kan doyan membaca. pasti bisa menulis, kan punya stok bahan untuk jadi tulisan " say Tina ubur ubur redaksi koran gang senggol ....
" bungsuuuuuu prediksi dong MU - Liverpool tulisannyaa terus kirim lewat email " say mas ojek ku
" Nte bosen ach oleh oleh cuma coretan gambar plus foto doang sekali kali kasih judul teks apa ceritanya biarrr lebih seruuuuuuuuuu " say si ganteng

3 jeritan yang selalu hadir, tapi bukan nama minten kalo ndak bisa ngeless ( Bajaj kali suka ngeles ..:P ) bukannya ndak mauu nulis tapi “ Mengeja saja saya sulit . apalagi menulis ”
minten ditakdirkan doyan bicara ( read : bawel, ... hehehehe ) hampir tak pernah abis stok pembicaraan, selain cepet banget bicaranya aku juga bawel secara lisan maupun tulisan , maksudnya bawel ditelp , sms , chatting , yaaa gitu deh ...^_^
Bukannya tak sadar terlalu cepet bicara dan tak berusaha memperlambat bicara tapi semua bahan pembicaraan mengalir begitu aja , mungkin terbawa ritme kerjaan sehari hari kalo ndak lari lari ke produksi , mojok digudang dengan ratusan kode dan jenis jenisnya , atau mengerjakan 2 hal sekaligus 1 window buat coret coret gambar, 1 lagi buat ketik ketik transaksi belum lagi jeritan telp bergantian.
tuh kan kaka cantik tulisannya makin aneh memang ndak ada bakat menulis , minten merasa kesulitan membuat orang mengerti merasakan nilai rasa dan emosi dariapa yang minten tuliskan. minten tetep bisa bawel sms atau chatting karena sms ma chatting bentuk tulisannya interaktif , ntar kalo chatting mulai bingung lewat tulisan yang udah telp aja langsung ...^_^
moga moga PR dari kaka cantik dianggap udah selesai yaaa minten kumpulin ... ^_^

( ada yg mauu terus bantuin nyambungin ...^_^ )










NEXT - “ Mengeja saja saya sulit . apalagi menulis ”

Rabu, 01 Februari 2012

2 aku takut mati

mba A bilang " kalau kamu beriman, maka kamu ga akan takut apa apa sekalipun kematian "
mba B bilang juga " Cuma Tuhan yang tau sampai kapan kita hidup dan kapan kita mati "
tapi , tetep aja aku takut
ngapain kamu takut mati ..??? dalam hidup itu cuma ada satu yang udah pasti ... MATI ... si tina ikut ikutan bersuara .... ( untung mr. jantung ndak mati tiba2 karena kaget ...)
sekali lagi ... tetep aja aku takut mati .. dan mba A pasti bilang aku ndak beriman karena takut ... percuma dong aku shalat ( sering injury time sih ..) , ngaji 1 ayat , dll kalo ujung ujungnya takut mati juga ...
" kita takkan pernah tahu apakah kita masih bisa melihat mentari pagi , karena kita hanyalah manusia biasa."
iya aku ..cuma manusia .. manusia yang akan takut kematian .....




NEXT - aku takut mati

Rabu, 25 Januari 2012

7 Sudahkan cinta pada dirimu sendiri..???

" Langsung jawab Sudah dong..! buktiya aku selalu merawat tubuh dengan perawatan,otakku tidak boleh terlalu pusing dengan masalah berat,makanya rajin jalan ke mal,dengerin musik atau nonton film. Aku cinta banget sama diriku, deh.."

Ups, benarkan segitunya mencintai diri? Apakah dengan membiarkan diri bermanja pada segudang kemudahan, tidak mau pusing berarti mencintai diri sendiri..?? terus bagaimana jika Tuhan menakdirkan kita tidak mampu untuk mendapatkan itu semua ? apakah berarti Tuhan ngga mencintai diri kita? pasti bukan ini kan yang dimaksud mencintai diri sendiri.

Jika kita selalu berusaha meraih yang tidak bisa raih,maka kita tidak pernah bahagia.Memaksa untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, tidak mau menerima apa yang ada, bukan kah hanya membuat kita jadi egois, tamak dan keras hati. Kebahagian tentu bukan bersumber dari apa yg kita raih, bahagia dan rasa puas yang utama diraih dari proses dan perjuangan dalam menggapainya.Proses dan perjuangan tentu saja bukan sesuatu yang mudah,tapi akan membuat kita dewasa, penuh rasa syukur,dan tidak percaya akan kehebatan sesuatu yang instan.

Jika kamu ingin mencintai dirimu terlebih dahulu harus bisa menerima dan menghargai dirimu APA ADANYA. kulit hitam ngga apa apa kan manis, tidak mengikuti mode tak apa toh sejak lahir pun tak berbusana dunia ngga kiamat tanpa mengikutinya. menerima diri apa adanya akan menumbuhkan cinta pada diri sendiri,begitu sebaliknya.Jika mampu menghargai diri karena cinta pada dirimu kamu tidak akan tersiksa.

orang yang paling menghargai dirinya dengan benar adalah orang yang paling bisa memaknai hidup dan paling asyik untuk dijadikan teman.

NEXT - Sudahkan cinta pada dirimu sendiri..???

Minggu, 22 Januari 2012

6 Mya my fiance...

Aku yakin sekali, saat ini ada seseorang yang tengah memperhatikanku. Instingku,feelingku, dan naluriku juga merasakan hal itu.Tapi, siapa? Di mana orangya ? didepanku hanya ada segelas milo dingin, sepasang cheeseburger , kiri dan kanan hanya ada deretan orang yang antri. Didepan sana , deket meja Mba Kasir ada seorang Mas - mas. Memang sih , Mas itu sedang memandang kearahku, tapi apa mungkin..?? ya, Tuhan ... benar, memang dia yang terus memperhatikanku.Barusan, mata kami bertemu, sebelum senyum manis Mba Kasir menyapa. Aku segera tertunduk dan Mas itu masih terus memandang dan berjalan ke arah ku. Oh MY God dia duduk didepanku pula, Apa mungkin dia naksir aku ??? hehehehe.... ya, nggak mungkinlah, masa Mas mas naksir aku....

Kalau udah kayanya gini otak isengku pasti muncul, " Hai ..." aku menyapanya .

Matanya membesar, Saus Sachet terlepas digenggamannya karena kaget,dengan singap ku ambil dan menyerahkan padanya.

" Ada yang bisa kubantu? " sapaku lagi setelah beberapa saat. Dia masih tetap diam. Yeee... nih mas, apa mungkin dia bisu..? masa ganteng ganteng bisu , tapi nggak mungkinlah , kalau bisu kenapa tadi bersapa ama Mba Kasir. Aku mulai tidak sabar, dalam hati aku bertekad , sekali lagi memandang dan sapaan ku tidak dijawab , maka aku akan pergi, dan dia akan menyesal karena belum sempat minta tanda tanganku. hahahahaha...." Kenapa lihatin aku ? tanyaku , dan dia masih diam. Kuembuskan nafas dan berdiri, tuh orang kurang kerjaan kali, bukannya nikmatin tuh pesanannya malah asyik memandangiku. Tapi aku kan memang cantik, hehehehehe... mulai, deh !

" Mya my fiance..." terdengar suara dibelakang, begitu aku mulai menjauh.

" Mya my fiance..." masih dengan suara yang sama , Apakah ditujukan padaku? Nggak mungkinlah.

" Mya my fiance..." sudah panggilan ketiga dan aku segera menoleh, Mas itu, tampaknya dia memanggilku. Apalagi ini ? tadi disapa nggak mauu menjawab, begitu ditinggal malah memanggil dengan sapaan " Mya my fiance " lagi. Aku menatapnya tajam.

" Kamu.... memanggilku? aku menunjuk diriku sendiri.

" Mengapa Mya my fiance pergi? mengapa tinggalkan aku ? Aku benar benar bingung. Beberapa pasang mata mulai memperhatikan kami.Apakah mereka percaya semua yang telah dikatakan mas ini? Aku langsung berbalik meninggalkan orang itu, jangan - jangan ini model baru penculikan." Mya my fiance..." Mas itu memanggilku lagi.Namun, aku sudah menghilang di depan pintu.

Vina, Tina, dan Dian medengarkan ceritaku dengan serius, Tapi begitu sampai pada bagian saat aku dipanggil Mya my fiance mereka saling pandang, berbisik- bisik pula. Ngomong apaan, nih ? aku melihat gelagat yg kurang menyenangkan.

" Ngaku deh, Mi..." Vina memaksaku.." Kami nggak nyangka, lho! kok pacaran nyampe tunangan ngga kasih tahuuu kita. protes Tina.

Sebelum Dian ikut protes and nuduh aku nggak - nggak , bantal yang dari tadi ku peluk sudah melayang kearah mereka, disusul mr. Teddy melayang pula, sambil tertawa tawa mereka meminta maaf.

" Ampun, Mika Sayang.... bercanda, kok ." ujar mereka kompak." Aku serius, nih ." ujarku.

" Tapi kan, bisa saja kalau kamu memang mirip dengan Tunangannya. " kali ini, Vina mulai bicara serius.

Sejak kejadian pertemuanku dengan Mas mas kemarin , pikiranku menjadi tidak tenang, biasanya kalau dah gitu acara ngebolang jadi pilihan.Hingga akhirnya ku ajak si vina ngebolang." Besok bisa nemenin gw ngebolang nggak? tanyaku, setelah beberapa saat terdiam , harus besok yaa tapi aku ada janji sama roy maay ya , Mi kata vina kemudian. Karna Vina ngga bisa, akhirnya acara ngebolang lanjut terus ditemenin soulmate ku satria fu 125 menelusuri jalan seputar lembang. Tak terasa jam makan siang udah lewat cacing cacing di perutku mulai menjerit jerit protes , aku putuskan makan siang di restoran cepat saji di daerah Cihampelas , seperti biasa segelas minuman bersoda plus ayam goreng jadi menu makan siang kali ini, saking semangat tatap tuh makanan tanpa sadar .Ciiitttt.....! hampir ku tabrak seorang Ibu.

" Maaf.... saya tidak sengaja ucapanku pelan." Kamu Mya? Kamu Mya anakku? Ibu itu memanggilku." Bukan, bu saya Mika jawabku cepat." Oh, ya tentu saja, tentu saja , kamu bukan Mya, maafkan Ibu."

Pengalaman aneh! kemarin , seorang mas memanggil aku dengan sebutan Mya , sekarang seorang ibu yang mengira aku adalah anaknya. Apakah mungkin Mya yang dimaksud ibu ini adalah mya yang dimaksud mas itu? kalau iya..., berarti ibu ini pasti kenal dengan mas itu, Tiba tiba aku terseyum, sebuah ide muncul. Aku mengajak ibu itu duduk bareng , ibu itu mauu tapi mataya masih menatapku.

" Ibu, Mya itu sapa? " tanyaku " kemarin, saya berjumpa seseorang dan dia memanggil saya dengan sebutan Mya"

benarkah, dimana? tanyanya antusias.

lalu, mengalirlah ceritaku.

" Ibu juga mencari dia , nama Faiz . Dia.... ah ceritanya terlalu panjag. Maukah nak Mika ke tempat Ibu? Disana, akan saya jelaskan semuanya."

Aku langsung mengangguk.

Rumah itu terletak tak jauh dari Boscha, tidak begitu besar tapi begitu nyaman ketika memasukinya. Tante Putri, iya nama Ibu yang mengajakku kerumahnya , ia berjalan menuju lemari dan kembali dengan sebuah album foto ditangannya, diserahkannya padaku da aku langsung membukanya. Seolah tak percaya , aku seperti melihat diriku didalam album itu tapi beda versi hehehehe...

Juga kulihat seorang laki laki yang kemarin menyapa ku di Restoran , dia tersenyum manis disebelah Mya." Nak mika ..... Tante boleh memeluk sebentar aja..,tanpa ragu aku mengangguk.

gadis di foto itu adalah Mya , Ia putri bungsu tante , cantik , imut, lucu, manja, sekaligus bandel , dan cuma Mya yang nemenin tante dirumah ini selepas kakak kakaknya berrumah tangga dan setelah Om ngga ada. Dan sebelahnya itu foto Faiz, Faiz tuh calon menantu tante tapi ..." Mya sudah pergi " 3 bulan lalu kecelakaan mobil, tepat seminggu sebelum acara pertunangannya dengan Faiz, hari itu tante tuh dah larang dia pergi tapi dasar bandel dia tetep nekat, mobilnya pecah ban di tol dan akhirnya.... air mata tante Putri berderai.

Dan " Faiz tak bisa menerima kenyataan itu , faiz itu terus mengatakan kalau Mya tidak meninggal dia hanya sedang liburan dan dia akan terus mencarinya, ternyata dia memang tidak main main dengan ucapannya, pasti dia mengunjungi lagi tempat tempat yang biasa didatangi berdua.

Sebuah mobil tampak memasuki halaman rumah, tak salah lagi dia mas mas yang kemarin menyapa ku di restoran , ia benar itu faiz. Tiba tiba dia berlari memelukku," Mya..." . Ibu mya pulang , mya pulang..Pelukannya makin erat buat dikit sulit bernafas. " Mya janji Elo ngga bakal tinggalin gue lagi..janji mya elo harus janji..!!gw buka Myaaaa..... elu salah orang..!! teriak gw..


NEXT - Mya my fiance...

Sabtu, 07 Januari 2012

3 Hujan ....

Hujan ...

Hmmm mulai jatuh cinta sama hujan nih kayanya ...^_^

Bagi saya hujan tuh bisa jadi temen sekaligus musuh dalam segala suasana hati baik senang maupun sedih.

Hujan itu seruuu bisa bikin nangis bombay karena kehilangan juga bikin nangis haru karena bahagia.

Waktu jaman SD dulu sama temen temen SD seneng banget kalo Hujan , Kita masing masing pakai jas hujan warna warni plus bergambar lucu lucu juga, terus pake payung yang warna warni juga ,lalu berjalan bergandengan ke gerbang depan sekolah... ^_^ .Pernah suatu hari hujan pulang sekolah sambil jalan kita iseng nyanyi “Hujan sing gede..karunya ka budak gede” " Hujan sing lentik karunya ka budak leutik " lagu itu pasti diulang ulang terus nyampe depan rumah.

Terus jaman SMP apa yaa kenangan sama hujaaan?? ingat ingat waktu itu ketemuan si cinta pertama (eee gebetan pertama .. ^_^ ) pas Hujan di depan Halte nungguin angkot , pertama cuma senyum lalu saling sapa dan berakhir dianter pulang hihihi . . .

Jaman SMA, hemmm… mulai daku ngga sukaa sama hujan yaaa pas Smu ini , ada peristiwa yang nyampe sekarang masih susah di untuk dilupakan bahkan ngga mungkin dilupakan , Pas Hujan temen deketku meninggal , pas Hujan juga bikin sahabat ku ikutan tinggalin aku jugaaa , pokoknya hujan jaman smu bikin daku benci sama Hujan.

Tapi ngga tahuuuu kenapa beberapa hari ini aku mulai suka lagi sama hujan bahkan " Jatuh cinta lagi tepatnya " mungkin gara gara lagunya Hujan - Utopia kali ,ya .... ^_^ , atau karena tiap hari cuma ditemenin hujan mau tak mau suka ga suka yaa temennya cuma hujan , akhirnya alami virus “Witing Tresno Jalaran Soko Kulino” lagi deh sama hujan ....^_^

NEXT - Hujan ....

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Blog's Stats

 

Smile Corner | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform