Kamis, 22 Desember 2011

4 Wanti sayang Mama ....


" Wan , bangun.... buruan mandi terus sarapan cepetan ntar telat loh , Bekal makan siangnya udah mama siapin di meja yaaa." Tradisi jeritan mama selama 20 tahun yang tak pernah berubah setiap pagi .

"Mama sayang. ga usah repot-repot ma, aku dah gede ndak usah dikasih bekal ribet."
pintaku pada suatu pagi. Wajah cantik itu langsung berubah sedih

Dan ketika mama mengajakku makan baso di warung ojo lali tempat kita biasa mojok sekeluarga, buru buru ku keluarkan dompet dan kubayar semuanya,
ingin kubalas jasa mama selama ini dengan hasil keringatku..... lagi lagi raut sedih itu muncul
.

kenapa ya kenapa mama bersedih ..???

Aku hanya bisa tebak tebak buah manggis plus bingung 17 keliling , Mungkin saat ini mama lagi sensitive kali yaa, menurut sebuah artikel yang ku baca orang lanjut usia ( maaf mom usia dewasa matang maksudnya ^_^ ) memang cenderung sensitive dan berperilaku kanak kanak

Tapi entahlah .....

aku kan cuma mau bikin mama bahagia tapi malah bikin mama sedih , dan seperti biasa mama cuma diam tak berkata kata .

Suatu hari ku beranikan bertanya " Ma, maafin aku kalo udah menyakiti perasaan mama.
Apa yang bikin mama bersedih...?"
ku tatap mama ada air mata disana dengan terbata bata mama berkata .." Mama merasa kalian ndak butuh mama lagi .
" Kamu udah gede udah bisa urus diri sendiri , mama tak boleh lagi siapin bekal makan siang seperti biasa , mama tak boleh jajanin kamu lagi baso , semuanya kamu bisa laku kan sendiri."

Ya.. Allah ,ternyata buat seorang mama bercape cape ria tiap pagi layanin putra putrinya adalah suatu kebahagiaan.
Satu hal yang tak ku sadari sebelumnya niat ingin bikin bahagia mama malah menjadi sedih karena kita tak mauu terbuka bertanya dan melihat apa yang menjadi kebahagiaan dari sudut pandang mama...

Diam diam ku bertanya dalam hati...
Apa yang telah ku persembahkan untuk mama dalam usiaku sekarang ini ..?

Adakah mama bahagia atau bangga mempunyai putri seperti aku ..?

lagi lagi mama tahuu apa yang kupikirkan , tanpa bertanya mama menjawab
" Banyak sekali nak kebahagian yang kamu berikan buat mama mulai dari bayi kamu tumbuh sehat, lucu dan cantik itu merupakan suatu kebahagiaam. "
" Kamu berprestasi disekolah ,lingkungan masyarakat suatu kebanggaan buat mama."
dan sekarang kamu segede ini berlaku perilaku baik itu juga merupakan kebahagiaan mama."
" Bahagiamu surganya mama, Deritamu pilunya mama."
Dan kali ini aku cuma bisa berucap " Ya Allah Ampuni aku yang selama ini sedikit sekali ketulusan yang kuberikan kepada mama."
Mamaku Itu berarti seorang ibu hebat yang dapat menjadi penulis skenario jalan hidup seorang anak untuk lakon hidupnya, sutradara yang mengarahkan minat dan kemampuan anaknya, dan tim sukses di belakang layar
keluarga, koki terbaik untuk setiap masakan lezat, guru privat jempolan untuk soal rumit , penasehat bijak tempat curhatan suami dan anak… banyak… banyak sekali perannya… keren deh pokoknya , dan itu dilakukan setiap hari 24 jam tanpa berhenti seakan tak pernah membuat mama lelah.... Sanggupkah aku ya Tuhan?

Dan mulai saat ini tiap kali mama menjerit...
" Wan , bangun.... buruan mandi terus sarapan cepetan ntar telat loh , Bekal makan siangnya udah mama siapin di meja yaaa."
aku secepatnya loncat dari tempat tidur lalu segera membuka pintu kamar langsung memeluk dan ku cium pipinya sambil berkata
"Terima kasih mama,aku beruntung sekali memiliki mama yang baik hati, ijinkan aku membahagiakan mama." Dan wajah cantik itu kembali memancarkan kebahagian ( walaupun masih sering lupa juga sih bilang gitu apalagi kalo udah kesiangan ..^_^ )
Aku sayang Mama .... Aku Masih membutuhkanmu ......

maafkan aku juga yang belum bisa
mengekspresikan arti kebahagian buat mama.
memang tak selamanya kata sayang harus diucapakan dengan kalimat " Aku sayang mama " tapi menurut curi curi denger dari mba mba cantik tadi di bis bilang bahwa Allah tuh menyuruh kita untuk menyampaikan rasa sayang yang kita punya kepada orang yang kita sayangi . ( mba cantik sih bilang sayang bukan buat mamanya tapi buat pacarnya ...:P dikit maksa diplesetin kesini ...^_^ ) . Ayo gimana kalo kita mulai dengan orang sangat mencintai kita , Mama ...... walau mama tak pernah meminta tapi percaya deh kata kata ajaib itu bikin beliau bakal merasa berarti dan bahagia. ( sotoynya makin kambuh ... ^_^ )
Ya.. Allah sayangilah mamaku,
beri aku kesempatan untuk bisa membahagiakan mama.
Ya .. Allah sayangilah mamaku
beri aku kesempatan utuk bisa membahagiakan Mama
Wanti sayang Mama .... big big pelukan Mama ... ^_^
NEXT - Wanti sayang Mama ....

Sabtu, 17 Desember 2011

5 Es E , Oh, Es E ..

Pagi itu jam sembilanan , aku membereskan piring piring dan membawanya kedapur. Komandan sudah pergi ke kantor setelah beberapa saat selesai santap sarapan. Sementara kedua jagoan adikku Roni dan Rani sudah lebih pagi berangkat sekolahnya SMP dan SMU. Aku mulai mencuci piring gelas kotor di dapur. Kulihat Ibu Komandan mengiris sayur - sayuran , memotong motong tempe membersihkan ikan dan kemudian memasukannya ke lemari. " Kamu ndak kemana - mana to , Mi ?" tanya Ibu Komandan padaku. " Ndak , Bu" jawabku. " Ada apa Bu?" " Ini nanti dimasak, Ibu nanti mauu pergi kepegadaian sama si Rama ," katanya. Rama adalah adik ku saat ini dia sedang mulai menyusun skripsinya di fakultas teknik sebuah universitas dibandung. " Ke pegadaian?" Apa yang mau digadai Bu?" tanyaku heran" Televisi , buat bayar SPP si Rama dulu. Gaji Komandan bulan ini habis , gitu juga tabungan ibu, buat daftar ulang si Roni dan Si Rani." jawab Ibu komandan. " Habis dari pengadaian nanti terus mampir pasar barang barang diwarung banyak yang habis." Aku menelan ludah , baru sebulan televisi balik dikaratina sekarang masuk lagi.

Di rumah tinggal aku sendiri , aku mulai memasak , sambil menunggu warung

Beee..Li....! terdengar suara anak kecil mengagetkanku , Rupanya Dea anak tetangga sebelah baru berumur lima tahunan. " Mbaaa... beli coklat yang itu... yang ayam jago..." katanya menunjuk toples " Belapaan halganya coklat ith?"" Dea bawa uangnya berapa?" tanyaku dulu. " Ini bawa Lima...." Katanya sambil memperlihatkan lima uang recehan seratusan. Tak lama kulihat ibunya tergopoh gopoh. " Aduh ni anak dicariin , malah kewarung sendiri." kata mba Nur penuh cemas. " Mi gimana sudah dapat kerja teh, belum?" tanyanya menohok batinku.

" Belum, mba ." jawabku.

" Aduh .... sayang yah udah punya gelar es - e teh belum kerja juga. padahal waktu Mika Wisudaan kelihatannya hebat sekali yah pake toga, begitu, mba meuni pangling . " Jadi udah berapa lama mika teh belum dapat kerja?" tanyanya bikin aku kesal." Enam bulan lewat seminggu." jawabku dengan wajah yang mencoba bertahan untuk tidak cemberut. Pekerjaan menunggu warung ini makin lama makin tidak menyenangkan. Setiap tetangga yang belanja yang aku layangi selalu bertanya " Apakah aku sudah kerja?" Huuuh...

Aku melanjutkan masakan di dapur. Pikiran masih melayang kepertanyaan mba Nur tadi, sulitnya kehidupan jaman sekarang sejak lulus udah berpuluh lamaran dikirim tapi belum dapat juga pekerjaan. Dua minggu lalu panggilan, begitu didatangin orang kantor itu bilang aku diterima disitu. Tapi..." sekarang bayar dulu seratus ribu buat adminitrasinya." kata mbak mbak yang menginterviewku itu menyakinkan. Aku percaya saja kubayar sejumlah yang diminta, hatiku keburu senang dapat kerjaan, tahu tahu tunggu punya tunggu belum juga ada panggilan , padahal seisi rumah sudah seneng.

Sekarang aku sudah mulai bosan mengirim lamaran lamaran ,cuma menghabiskan prangko, kertas dan amplop saja.

Sore itu setelah asar aku membuka buka koran di meja makan sesekali aku mencontreng lalu berpikir, kemudian geleng geleng sendiri kemudian mengangguk angguk.

"Deu.... serius amat kakak, liat Roni

Kak... Pak hakim dan pak jaksa kapan saya akan bekerja...sudah enam bulan menjelang belum juga punya kerjaan " tiba tiba si Roni berjodet dangdut didepanku. " Roni ..." aku melotot Roni memcibirkan bibirnya kemudian tertawa.

" Udah kak ... jadi sales saja... banyak lowongan kan tu ....dicari sales.. ini juga dicari sales.." kataaya menunjuk koran yang ku baca, kucubit lengannya. Roni memekik kemudian tertawa. " bapak bapak ibu ibu.. ini barang bagus buatan luar.. dijamin asli.. silahkan dilihat dulu Bu..." katanya sambil bergaya seperti sales.

" Roni... wis to jangan usil gitu." ibu menengahi.

Si Roni berlalu giliran si Rani bersuara.." Cari suami aja kak... cari yang kaya kalo bisa.!" ikutan nyindir.

" Kaya juga kalo bukan baik baik buat apa?' aku jadi sewot. "Iya kak...ntar Rama bantu cariin. siapa takuuutt...katanya Aku jadi mangkel.

" Bener Mi..atau kalo ndak cari kerja ya cari suami , biar jadi ibu rumah tangga bukan jadi pengangguran , ibu dulu seumur mu udah nikah lo." kata ibu

" Ibu kalo aku cari suami , cari yang siap nikah kaya yang aku bilang dari dulu itu ...yang gak pake pacar pacaran." lha kamu itu belum dapat dapat juga?"

" Belum dikasih Allah jodohnya, Bu.." jawabku." Lha kalo kerja itu belum dapat juga, udah beli amplop, kertas sama prangko terus?" " Belum dikasih Allah rizkinya, Bu..: Aku menyabarkan diriku sendiri, mataku hampir menangis.

" Moga cepet dapet suami dan juga kerjaan to , nduk, bapak dan ibumu sudah tua...pingin liat anak anak jadi orang... kerja kek..nikah kek."Aku membenarkan dalam hatiku aku si sulung ini belum juga jadi apa apa. Amiiinn... jawabku mengamini kata kata ibuku yang mirip doa.

Matahari minggu pagi cerah, aku menunggu angkot . Setiap hari minggu aku sering ngebolang bareng si camera butut ke geoglogi. sebuah angkot lewat aku memberhentikan. Angkot coklat melaju sesekali menurun dan menaikan penumpang. Angkot berhenti ketika sesosok berkerundung kuning menhentikannya.

" Assalamualaikum .." kataku setelah perempuan itu duduk di sebelahku." Eh Mi... waalaikumsalam.." katanya perempauan itu bernama tina , temanku dulu waktu SMU.

" Mau ke mana, Na?" tanyaku

" Ke Geologi.... Mi kemana? katanya balik bertanya. " Sama Atuh.." jawabku. Obrolan jadi berlangsung deh.

" Na ,,,ngga sama mas mas faris ke geologinya?" tanyaku sedikit heran melihatnya sendiri.

" Mas faris nya sedang ke jakarta sedang ada tugas disana seminggu.." jawabnya " Kamu sendiri kapan atuh nyusul... mgundang Na..." tanya pelan takut terdengar penumpang lain, pertanyaan klasik lagi untuk orang seusiaku tapi belum menikah." Insya Allah ... amin... doakan saja." aku menjawab pelan" kapan ya...? Mi juga ngga tau dikasihnya kapan?"

" Iya ...berdoa aja atuh.. tiap salat... juga tahajud..." sarannya. " Mi, sudah kerja?" katanya mengalihkan pertanyaan.

" belum..." jawabku, ah ini dia pertanyaan klaksik berikutnya, aku menarik nafas ." Na sendiri kerja dimana sekarang? ' tanyaku.

" Na mah sekarang ngurus rumah makan baru tiga bulan itu pake rumah bapak Na yang dijalan belakang rumah. Alhamdulillah lumayan rame.." katanya

" Memang sih sekarang mah susah sekali ngelamar kerja teh ya dulu juga Na mengalamar tapi ngga keterima terima juga, udah deh sekarang mah Na ngurus rumah makan aja, katanya lagi . Aku hanya diam.

" Eh Mi kenapa diam saja..."

" Eh...ngga apa apa?

Mi, sebetulnya Na teh lagi butuh tenaga Admin. Mi mau jadi Admin..?"

" Tapi gajinya ngga seberapa Mi paling lima ratus ribu namanya juga rumah makan baru buka

" ngga apa apa ... aku mauu, " Ngga apa apa es - e jadi admin rumah makan kan harusnya es - e kerjaanya dikantoran, gajinya sejuta lebih ?" tanya Na masih belum yakin. Aku mengeleng kuat kuat standar itu udah luntur jaman sekarang bisa bisa jadi pengangguran abadi kalo nunggu kerjaan jaman sekarang. enam bulan diruamh saja rasanya badanku sudah bulukan belum lagi sindiran keluarga menbuat telingga geli. " Ngga apa apa Na ....makasih banget ...aku mauu..!

Angkot tak terasa udah nyampe geologi aku dan Na turun dan membayar ongkos. kakiku melenggang lebih ringan , yang penting aku lepas dulu saja dari satu bebanku .... es - e penunggu warung ibuku.. dan beban bapaku berkurang satu aku ini bisa beli makan dan keperluanku sendiri. Alhamdulillah.... Allah memberikan rizkinya lewat jalan yang tak disangka sangka.....

NEXT - Es E , Oh, Es E ..

Kamis, 15 Desember 2011

3 mengartikan Rasa

Pagi ini tampak dikit berbeda , aku mulai berdamai dengan semua hal yang sebelumnya jadi musuh besar di beberapa minggu kebelakang..... ^_^ aku bahkan mulai berdamai dengan semua rasa sakit yang setiap hari ku rasakan. Hidup tak hanya tentang kulit luar saja tapi isi yang didalam yang lebih penting, tentang bagaimana kita mengartikan RASA.

Aku membiarkan semua yang terjadi, mengalah pada sesuatu yang kadang aku ngga mauu ....agar semua tetap Indah.

Menerima semua ketetapan,aturan,prasangka dengan tetap tersenyum ternyata lebih mudah dibandingkan dengan kemarahan dan air mata.

Terkadang aku merasa tidak memiliki apapun,tapi ternyata salah aku memiliki begitu banyak meski hanya sebuah harapan,mimpi,semangat,dan hati yang merasa.

NEXT - mengartikan Rasa

Minggu, 11 Desember 2011

3 Ruang untuk diri gue sendiri ....

Pernah merasa stres berlebihan..?? beban kerjaan terasa overload,kerjaan tidak beres, dicuekiin temen temen, masalah datang tumpang tindih, tuntutan hidup layak terus mengejar,manajemen waktu berantakan, keuangan runyam,kesehatan menurun dratis, Dunia serasa runtuh.

Gue pernah

Apa yang ingin gue lakukan..??

Terbang ..!!

Sebenernya gue sering menertawakan diri gue sendiri ketika keinginan itu muncul,keinginan anak anak yang tidak pernah tercapai karena gue tidak punya sayap.

Lalu..?

" Lakukan hobi yang membuatmu bahagia " suara pangeran langit .

Hobi yang mana..?? hobi gue banyak sehingga gue mulai membuat daftar hobi, mulai dari coret coret buku gambar, konser tunggal kamar mandi , isengin temen , nonton bola nyampe yang terakhir ngobrol sama bintang hehehe. Gue selalu merasa bahagia yang tidak terkira jika gue tatap bintang buka sekedar tatap ngobrol sama hitung bintang pun gue sering lakuin hehehe , terdengar aneh sih tapi gue bahagia kalo bisa tatap bintang tiap malem cuma sayang bintang ngga muncul sering sering di langit rumah gue , tapi setidaknya gue punya ruang untuk diri gue sendiri ngerasa seneng and bahagia.

Setiap kita pasti punya ruang seperti itu. Ruang hening yang bisa membawa kita pada keutuhan sejati, Ruang yang bisa melupakan kita dari kekacauan dan hiruk pikuk pikiran kita sendiri, Ruang yang bisa memberikan pasokan energi tanpa kita sadari, Ya kita harus bisa menemukan ruang buat diri kita sendiri Media buat dialog kita dengan Allah yang maha kasih.

NEXT - Ruang untuk diri gue sendiri ....

Sabtu, 10 Desember 2011

2 Si " Ganteng "

" Masya Allah ! Kok kamarku kayak kapal pecah ? siapa sih yang main didalam kamar?

Sudah bisa ditebak siapa yang hobi main dikamarku . Dan ini udah kesekian puluh kalinya, sudah abis kesabaranku , kali ini aku tidak akan tinggal diam .Aku harus berani ngomong langsung ke Mbaku Win, karena pelakunya adalah putra tunggalnya Bima.

Bima, lengkapnya Bima Aditya abde Negara, berusia lima tahun baru TK nol besar , ganteng, sehat dan pecicilan loncat sana sini mirip kangguru ...:), selain cerdas , panjang akal, juga bernyali besar , khusus untuk ketiga kelebihan inilah yang perlu dicetak tebal dan diwaspadai bagi orang orang disekitarnya ,terutama aku tantenya.

Saat ini kamarku menjadi korbannya yang kesekian , setelah sebelumnya dengan tangan mirip pelukis dan ditambah bekal film spongebob nya, Bima melukis maha karya yang spektakuler di kanvas dinding kamar. Beberapa toples plastik Eyang uti Nya berubah bentuk menjadi sangat unik setelah dipakai konser tunggalnya sebagai pemain drum dapat dibayangkan bagaimana hasilnya, tentu saja toples - toples tersebut berubah fungsinya, tidak lagi menjadi pemanis dimeja tamu, tapi penghias tempat sampah. Seisi rumah dibuat panik karena bau hangus , setelah dicari sumbernya maka tahulah kami siapa pelakunya tanpa harus diadakan penyelidikan terlebih dahulu. Kami pun pernah dibuat pusing selama tiga hari dengan lenyapnya remote TV, buat aku sih tak masalah nonton tanpa remote, yang penting bukan TVnya yang hilang tapi untuk eyang akung Nya itu jadi masalah. " Pokoknya cari sampai ketemu, tidak mungkin hilang begitu sakja! pasti ada yang singkirkan!: wah bapa bener bener marah. Setelah kami mengganggapnya bener bener hilang dan melupakannya, eh remote itu ditemukan Mama dalam sebuah toples didalam kulkas. Dan si Bima tanpa rasa bersalah duduk tenang disamping bapa si eyang akungnya, wiiiihhh, gemes aku! " Mama " tak sabar aku melihat mama sesabar itu menghadapi Bima.

" Mama terlalu sabar sama Bima, aku tahu Bima cucu mama, tapi bukan berarti semuanya yang ngejenkelin didiamkan aja sekali kali dimarahin kan ngga apa apa Ma."

" Sayang, tingkahnya yang aneh itu tanda Bima anak yang cerdas , kita harus paham kelebihan kelebihannya, marah apa lagi membentak dia itu tidak menyelesaikan masalah, kita melakukan kesalahan kecil saja bisa tertanam dalam benaknya terus terbawa sampai dia dewasa, baikya kita kasih dia pengertian perbuatan nya itu salah, pakai logika akibat yang timbul atas perbuataannya itu, langkah itu lebih baik membantu dia berpikir oh itu salah dan tak boleh diulang lagi.... kamu ngerti kan , sayang?"

Uuuuuh , auk ah gelap! aku ngga pernah menang kalau debat begituan sama mama. Jam berdeting 3 kali, berarti sudah jam pukul 3 sore sebentar lagi mbak Win datang , saat inilah kesempatan menumpahkan kekesalanku, abis sama siapa kalau bukan sama ibunya?

" Mbak! Bima tuh ngobrak - ngabrik kamar aku, bilangi dong kamar tante bukan tempat untuk main. Uuuh...barang barangku pada rusak semua tahu!

Mbak Win menanggapi santai," Alah... gitu aja, masih untung ngga dibuang, lagi salah sendiri punya kamar kayak anak kecil , Umur kamu tuh udah 24 tahun, bo ya kalo ngantur kamar tuh layaknya anak seusia kamu. Jadi , yaaa..jangan nyalahin Bima dong kalo dia senang main di kamar kamu."

" Aku makin berang." Uuugh, ibu sama anak sama saja! Dua duanya ngeselin! Memang salah apa kalu aku nganturnya begitu ? kamar, kamarku sendiri kok, mau ditata kaya apaan kek , yang penting punya nyaman buat aku. Pokoknya mulai besok aku tak segan segan jewer kupingnya Bima, biarin sampai nangis.!"

Siang ini seperti biasa Bima menyatroni kamarku sepulang sekolah, dan kebetulan hari ini aku libur kerja, ku dengar langkah kecilnya dan bunyi beberapa barang yang jatuh, tangannya memang aktif selalu menjatuhkan barang yang dilihatnya. kudengar langkahnya mendekat, aku sudah siap dibalik pintu , kupasang wajah bengis , kali ini takkan ku beri ampun, beberapa detik kemudian dia buka pintu kamar tanpa aling aling , dan begitu pintu kamarku terbuka kusambut ia dengan senyum menyeringai, kedua tangan tolak pinggang, tidak lupa action seram mataku aku balik kelopak mataku sehingga terlihat setengah merah dan setengah putih, biar maki pucat tak lupa aku olesi bedak dingin plus ditambah mukena putih.

" Siapa kamu anak kecil? Ngapain kamu kesini? kamu tahu ini daerah terlarang yang boleh masuk sini hanya yang mempunyai izin dari penunggu kamar ini," ku buat mirip suara Mak lampir , sejenak dia diam terpaku didepanku dengan tatapan tak berkedip .Buk ! sebuah pukulan mendarat tepat diperutku dan bukan itu saja. Buk ! Buk ! menyusul diwajah dan bibirku. Alamaaaak !! Sakiiiiit!

" Audzubillahiminassyaitonillojim! hantu halus dipukul bial kapok nggak ganggu Tante!" teriak Bima

Dan tindakan spontannya itu benar diluar dugaanku , niatku memberi pelajaran mendapat sambutan hangat sekali ,yang memalukan aku hanya bisa diam mengaduh kesakitan lalu terduduk di lantai.

Melihat aku tertelungkup sambil mengaduh sakit, Bima baru menyadari bahwa yang dipukulnya bukan hantu beneran melainkan aku tantenya, Ia langsung lari mencari Ibunya sambil menangis.

Kucari tahu apa yang terjadi pada Bima, kudapati ia dalam pelukan ibunya dan kuketahui mengapa dia menangis justru saat melihat aku meringkuk kesakitan, Bima ketakutan sekali melihat musuhnya yang ternyata tantenya sendiri bener bener terluka akibat pukulannya , Bima melakukan dengan maksud agar si hantu tidak mengganggu aku, dirinya atau tempat bermainnya.

" Kan Kacian tante , Bu kalo nanti ketemu hantu abis pulang kelja nanti , makanya Bima pukul hantu bial pelgi, lagian kalo ada hantu dikamal tante aku kan ngga bisa main lagi disana."

Terisak isak ia menjelaskan pada ibunya dan aku, terharu aku mendengar penjelasannya , ternyata dibalik tingkahnya yang menjengkelkan dia memiliki perasaan halus dan merasa dekat dengan ku sebagai tantenya yang perlu dia lindungi dari bahaya apapun. Aku benar benar menyesal dan malu pada kecerobohanku tersebut.

" Mas Bima sayang ya sama Tante? " tanyaku lembut, dia mengangguk kecil sambil menatapku dengan manja.

" Cayang dong cama tante, emang tante nggak cayang cama aku?" ia balik bertanya.

" Ya jelas sayang lha, kalau ngga , ngapain tdi diajak main hantu." Ya ampun , sudah salah masih ngeles juga nih anak mbakku nyamber.

" Kalau gitu mainnya kita ganti aja, mau tidak dengerin cerita tante?" judulnya , jagoanku yang cakep, tapi dengan syarat tangannya diam dan ngga bikin kamar tante kaya kapal pecah yaa, mauu ngga?" ajakku dengan misi sama namun strategi berbeda.

" Ibu...! Mimik Cucunya! aku mauuu bobok ciang dikamal tante cambil dicelitain...

tante. tante , keponakan yang cakep itu aku kan?" celotehnya cukup membuat mataku mendelik. Dasar anak kecil !

buat Ganteng yang gemesin: selamat yaa, akhirnya punya adik Jagan nakal lagi lho


NEXT - Si " Ganteng "

Jumat, 09 Desember 2011

0 Gue panggil dia " Bintang "

Sebenernya namanya tuh Puanjannggggggg banget mirip Lodaya express , tapi gue lebih suka panggil namanya Bintang , belum minta izin sih sebenernya gue panggil dia gitu... , tapi kayanya dia seneng tuh abis ngga pernah protes kalo gue panggil dia gitu ..... # lebih kenyenn dikit daripada gue panggil dia " Jagoan " ... ^_^ #

Dia itu.......seseorang yang gue kagumin dan sering gue kangenin banget dalam hidup ini.

Seseorang yang sangat objektif memandang segala sesuatu dalam hidup, jadi kadang suka ingetin gue yang subjektif.

Seseorang yang sangat sabar banget..! Sincere in she every way and basically one of the most kind at heart person that i ever known a life.

Seseorang yang pada dasarnya selalu ada buat siapa aja yang ngebutuhin dia.

Seseorang yang pintar.... biasa ngajarin gue banyak hal dalam hidup.

Seseorang yang fun to be around, unik dengan segala keanehan, sempurna dengan segala kekurangannya.

Seseorang yang kehadirannya patut disyukurin banget.............karena diperbolehkan kenal dan ngerasain adanya dia dalam hidup.Cuz she's just one of a kind. one of his kind truly

Seseorang yang cinta hidup, cinta menulis terutama catatan - catatan nya yang keren itu, cinta ayah bundanya yang pasti..... ^_^

Seseorang yang kehadirnya berpengaruh banget buat gue karena asli ngga kebayang bisa ngelewatin sehari aja tanpa menyapa,ngelihat dia dan senyumnya, ( walaupun cuma senyum foto di kamar gue .... ^_^ )

Seseorang yang ngga mungkin kelupaan dalam daftar doa gue tiap malam. Cuz most of the day she's always the number one on the list ! the top of the chart pokoknya......

Kenyataannya kita memang beda dalam banyak hal but she's still the other part of me... Cuz it's only right that way.
NEXT - Gue panggil dia " Bintang "

Jumat, 02 Desember 2011

7 11 fakta ngeunaan kuring ...

Aduh anu kamari oge tacan rengse PRnya , eee geus dibere PR deui ku teteh geulis Andini mokodompit. ( Estuning teganya diri anjeun teganya teganya teganya teganya ... ^_^ ). pancénna nyaéta 11 fakta ngeunaan kuring , hésé ogé pancénna kaci tawar jadi 5 henteu teteh...?. hiji pancén tiheula enya teteh geulis anu 11 ngeunaan kuring kaci pan kaci ... ^_^

11 fakta ngeunaan kuring nyaéta ..

Ka Hiji ( nempo Bintang )
Jika ada satu hal yang paling kusukai dalam hidupku,
Maka itu adalah:
Berbaring pada sebuah halaman yang luas
dan menatap langit malam yang penuh dengan taburan bintang
Dan, di sampingku ada sebu
ah teleskop
Tau, kenapa aku sangat menginginkan tel
eskop?
Karena aku punya bintang kerennnnnnn
nnnnnnn
Dan aku ingin semua orang itu melihatnya pula…

memaksa.com....:P :P

Ka Dua ( Inum milo Tiis )
Ga tauu kenapa bisa doyan banget sama milo yang jelas Apapun suasananya, apapun cuacanya, apapun keadaannya,plus apapun makanannya,minumnya tetep ..... MILO DINGIN.....:P

Ka Tilu ( sapatu Hak luhur )
Jenis sepatu yang paling ngga bisa diajak ce es an apalagi sobatan pokoknya ribet seribetnya kalo suruh pakai ^_^, ,jadi kalo pas ada acara harus gunain High heels dijamin pasti bakal " Panas dingin" mikirin gimana cara jalannya..^_^

Ka Opat ( Lalajo Maen bal )
Kalo udah nyangkut dunia perbolaan, apalagi kalo team Manchester United yang main mau hujan dor dar gelap, dini hari, malam minggu pasti nonton ( jadi yg mau jadi pacar siap2 ngga ada acara date di malming....:P ) ,


Ka Lima ( dengekeun musik )
Musik jazz ama instrumental 2 jenis musik yang setiap saat selalu didengerin baik lewat ipod atau radio , tapi ngga nutup telingga kok ama jenis musik lain semua aku dengerin juga . Kitaro,Yimura, Yui, david foster, sherina beberapa musisi yg aku kagumi, but jangan suruh aku naik pentas buat sing a song jangan jangan bisa bisa ntar pada kena infeksi telinga.

Ka Genep (Ulin ka Gramedia )
Ini salah satu kegiatan tiap hari sabtu siang nyampe sore yang ngga pernah bisa ditinggal yaitu ngebolang di Gramedia BIP atau BSM buat baca buku gratisan.. ^_^ ,biasanya dimulai dari pojok komik komik dan berakhir dipojok buku masak udah itu keluar dari Gramedia mampir beli Ice cream Sundae..

Ka Tujuh ( Ngajleng Bungee Jumping )
Paralayang ama Arum jeram 2 olahraga yang udah dicobain, tapi sekarang lagi pingin banget cobain Bungee jumping dari Monas pas taon baru ( ada yang mauu ajak aku nggak..?? )

Ka Dalap
an ( Kamera Fuji film A500 )
Ini kamera pertama yang aku punya itu pun hadiah dari sebungkus snack yang aku beli di warung teteh lilis tetangga depan gang , harga snack cuma seribu tapi hadiahnya luar biasa...


Ka Salapan ( Ulin ka Bromo )
Kalo ini kegiatan yang ngga mungkin aku tolak " Ngebolang " , di taon 2011 yang hampir the end ini salah satu tempat yang pingin di kunjungin yaaa Bromo nih, penasaran banget tuh sama lautan pasirnya plus pingin bukti in bromo sunrise katanya yang paling cantik sepulau jawa mr.Elang jawa bilang.... ( hitung mundur 29 hari again keburu ngga yaa....^_^ )

Ka Sapuluh ( resep ulinan anu leutik )
Suka banget koleksi miniatur mainan mulai dari motor, mobil sama pesawat , tapi yang udah banyak sih miniatur pesawat apalagi model pesawat tempur kaya F 16 bisa lupa waktu kalo udah ndate bareng pesawat pesawat ini dikamar ....

Ka Sabelas ( Arsitek )
Tiap kali orang orang tanya de2 mauu jadi apa nanti ...?? dengan suara tegas pasti bilang " ARSITEK " cita cita masa kecil yang masih terngiang-ngiang nyampe malam ini , cita - cita yang terbang ke tiup angin hehehehe.... ( ngga jadi Arsitek jadi istri Arsitek juga gpp masih ada nuasa Arsiteknya ini ...:P )

Kaka cantik Andini mokodompitPRnya baru dikumpulin satu yaaa, kaka cantik nanti nanti PRnya jangan suruh cerita lewat tulisan yaaaa bikin panas dingin tauuuuu SUSAH... ^_^



NEXT - 11 fakta ngeunaan kuring ...

Senin, 28 November 2011

0 selalu ada cerita pas Hujan ..


Lagi siap siap intip " Bintang ", tapi ya ketunda sama Hujan lagi ( Langsung BT 17 detik ..^_^ ) , Kalo lagi hujan gini paling suka itu mandangin hujan lewat jendela dan membiarkan percikkannya menyapa wajah ... cuma satu kata " Menyenankan ". Lalu tanpa sadar banyak hal yang terlintas dibenak yang ga sengaja atau sengaja dipikirkan , Hujan memang momen yang pas untuk memikirkan hal hal yang tak sempat terpikirkan, hal hal yang harus dipikirkan tetapi sengaja diacuhkan, hal hal yang tak sanggup dipikirkan pada saat saat lalu atau memikirkan sesuatu yang ngga harus dipikirkan. Lewat hujan juga mungkin ada entah siapa yang sedang berduka hati hingga air matanya membasahi bumi atau mungkin juga ada berita gembira yang membuat hatinya senang tak terkira. Mandangin Hujan jadi ingat banyak cerita, kenangan indah, pengalaman ga enak , bikin BT, apapun itu hujan tetap aja bikin hati teduh, hening kadang mengundang kesal ( mirip malam ini bikin BT ...^_^ ) sama kaya Bintang ..:P

Banyak kisah dalam hujan, banyak kenangan dibalik hujan , banyak kata terangkai dari hujan, tapi Hujan bagiku tetaplah menyimpan misterinya sendiri .... ^_^

NEXT - selalu ada cerita pas Hujan ..

Sabtu, 13 Agustus 2011

1 komentar Mudik Made in Indonesia


Yo, ayo...mudik rame rame...yooo!!! Pulang ke kampung halaman, jenguk saudara...yo!!!! Tak peduli berdesakan di bus ato kejepit kereta he..he..he..he... Gimana bagus ngga lagu rapnya..? Lumayan jadi lagu pengiring di kala mudik ( bagi yang mudik sih..). Ingat Lebaran pasti hal pertama adalah ketupat ama opor ayam dan tentu saja MUDIK bo, itu tu pulang kampung halaman bersilaturahmi ke saudara yang hanya dilakukan pas lebaran doang.Makanya orang orang pada belain mudik walau harus berdesakan di bus atau kereta. Fenomena mudik tak lepas dari budaya dan agama, dari segi agama mudik mempunyai nilai religi dengan hari raya idul fitri dimana semua orang saling bermaafan melebur segala dosa plus kesalahan,sedangkan dari budaya mudik berorientasi pada orang tidak bisa dipisahkan dengan tanah leluhurnya dari mana dia berasal.

Selain memberikan dampak positif, tradisi mudik ternyata memberikan dampak negatifnya,dampak positifnya yaitu mudik bisa dijadikan ajang pengenalan terhadap daerah asalnya, budayanya serta pengetahuan dan pengalaman tata krama dari para orang tua. Tapi disisi lain mudik juga berdampak negatif karena biasanya mudik membuat orang menjadi konsumtif, pemudik lebih jor joran beli oleh oleh buat dibagikan di kampung, alhasil uang yang dikumpulkan berbulan bulan bisa langsung habis sekejap.

Entah kenapa tradisi mudik di Indonesia begitu terasa lebih heboh dan membuat pemerintah puyeng tujuh keliling, Tiap tahun pasti saja pemerintah mengerahkan berbagai kendaraan hanya untuk mengangkut para pemudik pulang ke kampung halaman. Seirirng waktu mudik sudah menjadi suatu kewajiban bagi sebagian masyarakat, segala cara di tempuh biar bisa mudik,itu sah sah saja, bukan kah cinta kampung halaman itu merupakan sebagian dari iman, hanya saja kita bingung mudik yang baik itu seperti apa..??
NEXT - Mudik Made in Indonesia

Senin, 01 Agustus 2011

2 Indah , ya ...


" Indah, ya?"suara lembut dari wanita berjilbab yang duduk disampingku ini adalah suara yang tak butuh jawaban. Ya, gimana nggak, putri demikian gadis ini biasa disapa,bisa melihat apapun dengan indah. Pernah aku memergokinya didepan halte. Tahu nggak dia sedang ngapain? sedang melihat dua ekor anak kucing, sodara sodara.Nah wajar dong kalo aku heran dan bertanya, " Kamu ngapain, Put?" Dengan mata berbinar dia menatapku,sambil berkata, " Indah, ya?" Tuh, bingung nggak? Pertama kali kenal Putri, dia memang pengangum berat matahari, terbit dan terbenamnya tak pernah dilewatkan. Yup, masih bisalah aku tolerir , tetapi, begitu dia bilang hujan deras itu indah, anak kucing yag berkerjaran dihalte juga indah, sebagai pemuja logika aku mulai mengerutkan kening. " Kamu terlalu murah menilai keindahan, put." aku protes waktu itu. Putri cuma tersenyum mendengar protes ku itu. " Yah, memang murah , Mi, gratis malahan, Allah kan nggak pernah mungut bayaran dari semua keindahan." Hhh.... kalau sudah begitu aku tak bisa berkata apa - apa. Toh aku tak rugi apa apa, untung malahan karena my best friends ku ini bakal terus tersenyum. Aku cuma jadi heran , kok ada orang ajaib ini. Pernah juga aku marah dengan keindahan versi gadis ajaib ini. Begini, suatu kali sehabis latihan karate yang melelahkan. Tiba tiba saja putri menarik tangan mengajak kerumah sakit. " Ada yang sakit, kamu mauu nemani aku kan , MI?" Siapa coba yang bisa menolak kalau udah dikasih senyum ajaibnya. Singkat cerita, setelah berjemur diatas gerbong kereta, akhirnya sampai juga dirumah sakit, Putri langsung menarik ku ke lantai dua, menuju tempat bayi yg baru di lahirkan. O rupanya saudaranya ada yang baru melahirkan pikiri ku. Putri mengintip dari balik kaca , bayi bayi yang lucu itu satu satu

" Yang mana, Put, bayi saudaramu?" Putri dengan senyum ajaib yang sudah kuhapal cuma balik bertanya seperti biasa.

" Indah, ya?" Aaaaaaaaaaarrgghhh! Jelas aku marah, ternyata kami berjemur ria dikereta itu cuma untuk menengok bayi yang bukan siap siapa dia. Ah Putri ini benar benar terlalu. Melihat wajahku yang mirip udang rebus, putri langsung berusaha menetralkan dengan memasukan ku kedalam kulkas kata katanya yang dikit panjang. " Lihatlah, Mi, betapa sucinya mata mereka, mata yang belum berdosa, begitu menyejukkan dipandang." Aku hanya diam sambil cemberut, tapi memang benar juga sih kata katanya tadi.hanya dengan melihat bayi bayi itu begitu menyejukkan.

Hari itu, sehabis kuliah bersama diteras rumahnya yang teduh. Tiba tiba saja putri menatapku serius. " Mi, aku mau cerita." Tentang apa, Put? tentanng penyakit indahmu itu?" Putri tersenyum menanggapi godaanku. " Ya, itu juga. Kau my best friends aku pikir kamu berhak Tahu." wajahnya murung mendadak. Wah serius nih kayanya segera saja aku tak berkata apa apa lagi siap mendengarkan. " Aku anak pungut, Mi," katanya tanpa basa basi. Aku berharap itu cuma gurauan. " Waktu pertama kali diberitahu, aku marah pada semuanya, bahkan juga marah sama Tu...Han."

Aku bertanya takut - takut tak tega " Terus siapa orang tuamu? " " Entahlah, Mi aku ditemukan didepan rumah mama bapaku yang sekarang." tiba tiba saja aku tahu kenapa dia senang sekali dengan bayi bayi yang dirumah sakit. " Maaf, Put, soal dirumah sakit itu. Aku nggak Tau....."

" Nggak pa pa, Mi . Yah dulu memang aku melihat bayi itu untuk mengasihani diri sendiri, tapi alhamdulillah , sekarang aku bisa melihat bayi itu semata mata sebagai keindahan." Aku menatapnya bingnung tak mengerti. Putri mengetahui kebingunganku, ia pun melanjutkan kata katanya

" Aku dapat hidayah-ya, MI."" Hidayah? petunjuk gitu?" ya, dalam kemarahanku waktu itu mama bapa menghadirkan seorang guru ngaji guna menjawab semua kemarahan ku. Aku masih berpikir pikir apa yang dikatakan guru ngaji hingga bisa putri mengindahkan apapun yang ada didepannya. Lagi lagi Putri bisa baca pikiran ku. "Ya, tadinya nasihat dari guru itu kutolak semuanya , masuk kuping kanan ke luar kuping kiri , hingga beliau mengajakku melihat dan mengkaji surat Ar- Rahman."

Wah, aku benar benar tak tahu isi surat itu semakin bingnung aku menoleh ke arahnya.Ar- Rahman?"

" Ya, disurat itu dijelaskan segala macam kenikmatan Dia anugerahkan kepada kita. Di surat itu pula Allah bertanya berulang ulang kali. Dengan khusyuknya putri membaca sebuat ayat " Fabi"ayyi aalaa"irabbikumatukadzdzibaan... Dan nikmat Tuhan yang manakah yang hendak kalian dustakan?" Aku kaget karena putri sudah menangis tanpa suara ." A... aku merasa Allah menamparku, Mi. Aku merasa sudah berburuk sangka pada- Nya. Aku segera memeluk my best friends itu, membiarkan ia menangis dibahuku.

Sejak hari itu, kami makin dekat erat, bahkan aku mulai bisa menikmati keindahan yang dirasakannya. Seperti saat ini. Dari dalam bus kami melihat hujan yang turun derasnya. Saat penumpang lain menatap cemas , kami berdua menghirup aroma indah yang keluar dari aspal panas yang tertimpa hujan, menatap jalan yang indah, berkilat terbersihkan dari debu jalan .Ah betapa indahnya.

tetapi esok paginya dunia sungguh tak indah bagiku, aku menyesal setengah mati, tak menghidupkan Hp dan melemparnya ke laci.Begitu kunyalakan ada puluhan sms dan mailbox , pesan sama dari orang yang sama bapa mamanya Putri. " Putri kecelakaan, tolong cepat datang!"

Aku bergegas menumpang ojek kerumah sakit. Rupanya dimalam itu sehabis pulang bersamaku, putri keluar lagi. " Ingin melihat indahnya bintang katanya," kata mama putri lirih sambil mengajakku kekamar putri. Ia lalu menceritakan betapa ketika itu putri baru saja keluar nunggu angkot tiba tiba saja sebuah truk pengangkut pasir menabraknya. " Dia menyebut terus namamu," Suara mama putri terasa datang jauh dari alam lain. Sebab disaat yang sama aku melihat putri yang sekujur tubunya penuh perban berlumuran darah mungkin kedua tangan kaki nya patah., hanya menyisakan wajah manis yang terpejam , suara yang terdengar hanya suara bapanya membacakan surat yasin penuh keharuan dan suara monitor jantung yang menusuk nusuk kuping.

Ajaib tiba tiba saja putri membuka matanya, begitu melihat kehadiranku, putri langsung mengulas senyum yang kuhapal, tangannya mengisyaratkan agar aku mendekat. Dengan menabahkan hati aku mendekat dan membalas senyumnya, begitu mendekat tangan putri menuju keatas sambil berkata jelas, seolah tak ada sakit yang dideritanya." Mi, yang ini indah sekali kau harus lihat, Mi." tengkukku tiba tiba dingin tak ada apa apa disana selain langit kamar , aku belum mau kehilangan my best friends ya Allah. Suara tasbih yang menyadarkanku, aku pun tersenyum sambil mengangguk mengiyakan. Putri rupanya belum puas , dia masih menunjukkan telunjuknya keatas." Kamu harus lihat , Mi."aku pun mengikuti telunjuknya, menatap keatas lalu ditengah suara monitor jantung berpacu ku dengar lagi suara yang hadir dihari hariku bersamanya " Indah, ya?"lalu diam, senyap tak ada lagi suara putri , suara monitor jantung menjelma sutu tiiiit yang panjang, kutolehkan wajah ke bawah penuh penolakan. terlihat wajah putri yang terseyum dalam diam. Tersenyum dalam Keindahan-Nya.

"Ya, Putri, memang indah aku membantin dalam haru."

" Innalillahi wa inna ilaihiraajiun."
NEXT - Indah , ya ...

Kamis, 28 Juli 2011

0 Surat cinta Buat Para Jagoan ...


Surat cinta buat jagoan selanjutnya , Rama & Shinta sejoli yang selalu tersenyum manis plus doyan banget wisata kuliner....hehehehe....

" Mba dimana...??? ke Darmo yuk... , ada tempat ice cream enak .... , mba ada tempat jajan baruuu enak loh kesana yuk kesana....."

Beberapa kutipan sms, inbox, jeritaan di hp yang pernah hadir diantara kita ber tiga.....:P , tapi lagi lagi yang sering terjadi adalah aku culik Si Shinta duluan baru beberapa jam kemudian sang Rama datang menjemput pakai si kuda besi warna hitam...:)

Lewat surat ini aku aku aku Protes sekarang ...!! Kemana aja..?? kok wisata kuliner ngga ajak2 lagi .. Kangennnnnnnnnnnn tauuuuuuu

Sekalipun jarang diajak wisata kuliner again ama tante april ama om Geraldi tetep ucapan terima kasih harus di sampaikan. Terima kasih yaa de2 cimut yang selalu hadir disetiap suasana , terima kasih karena sering ajak aku main cela2an tiap kali kita ketemu,terima kasih juga kalo aku aku pesan " Darmo " 2 porsi ngga pernah protes, Terima kasih buat temeni aku mojok bareng " MILO DINGIN" padahal ngga suka milo , terima kasih juga udah sering jadi tukang pos pengantar surat...:P. Pokoknyaaaa Hatur nuhun , terima kasih , tarimo kasih, apa pun ucapanya tante april ama om geraldi.... Big big big pelukan....:) :)

NEXT - Surat cinta Buat Para Jagoan ...

0 Surat cinta Buat Jagoan ...


Surat Cinta buat Jagoan , Bintang yang memberikan aku senyum semangat tiap saat ...... ( Walau cuma senyum manis di foto sih...:P )

" Assalamualaikum.... , Met Morning..... , Good Pagi ...... , Wilujeng enjing ..... , Jagoan....:) , lagi ngapain..?? ayoo udah maem blom..?? peluk cium sayang .... big big big pelukan.... "

Pertanyaan diatas selalu terulang setiap hari diantara kita , tapi yang lebih sering memulai aku duluan sih ...:) ( termasuk yang nyangkut diawan juga .. :P )

Apakah aku BOSAN ???? tidak , aku tak pernah bosan untuk selalu ingin tahu keadaanmu setiap saat. Perasaan yakin didalam diriku bahwa kau dalam keadaan baik selalu haus diberi kepastian.

Mungkin dalam hal ini terkesan bosan buat jagoan . Ada perasaan yang kuat yang mampu mengalahkan rasa bosan itu , perasaan yang sepertinya rasa sayang ,takut, cemas dan gundah but tenang tenang aku ngga termasuk kelompok yang suka sesama jenis kok aku aku masih doyan pangeran cakep....:P. Aku mengagumimu lahir saat pertama kali kita ngobrol diroom.... ( karna cuma jagoan yang mau ngobrol ama orang aneh seperti daku... Betul kan betul....) . Kemudian makin jatuh hati saat kenal note note cantikmu... ( Jatuh hati bukan versi cewe vs cowo loh... ).Apa yang ingin kuungkapkan rasanya sederhana , aku hanya ingin berterima kasih...,terima kasih sudah menjadi teman saya ,terima kasih untuk membiarkan saya tahu bahwa anda peduli,terima kasih untuk hal hal yang anda katakan, terima kasih untuk percakapan kami telepon,terima kasih atas hal yang kita lakukan,terima kasih untuk berbagi pemikiran saya dan anda,terima kasih untuk apa pun...

Ada banyak yang mauuu ku cerita tapi lagi lagi menulis surat itu Sangat sangat susah sama ngga mudahnya kalo bilang langsung sama jagoan, padahal baru buat satu surat buat jagoan udah panas dingin gini....:)

NEXT - Surat cinta Buat Jagoan ...

Rabu, 27 Juli 2011

2 Hadiah yang PAS ...


pagi pagi udah pingin ada yang kasih kado... ( aneh ultah ngga mauu kado...) , inget inget kado atau hadiah jadi kepikiran kira kira hadiah yag PAS buat sahabat kita apa yaaa ....??? kalo aku aku sih pingin banget 5 hadiah yang semacam ini ( menurut aku sih ini hadiah yang PAS ) , hadiah hadiah itu adalah.....

1. HADIAH BERUPA KESEDIAAN UNTUK MENDENGAR. Pendengaran adalah salah satu panca indera tubuh, tapi mendengarkan adalah sebuah SENI. Mengapa disebut seni ??? Karena butuh latihan dan empati. Semua orang senang didengar tapi nggak semuanya suka mendengarkan. Belajarlah memberikan waktu, tenaga, telinga, dan hati kita untuk mereka. Kita nggak perlu menjawab apa-apa, hanya mendengar saja! Ya, ini adalah hadiah bahkan obat yang mujarab bagi mereka yang tertekan.

2. HADIAH BERUPA KASIH SAYANG DAN PERHATIAN. Memberi pelukan, kecupn, tepukan lembut di bahu. Hadiah tidak selalu identik dengan bingkisan barang-barang tapi juga hal-hal yang nonfisik. Saat mereka sedih atau senang, pelukan hangat dan tepukan di pundak sangat member efek positif bagi mereka. Karena itu, mengapa kita tidak mencoba memberikannya ?

3. HADIAH KEGEMBIRAAN ATAU KECERIAAN. Cerita atau pengalaman lucu yang kita ceritakan saat bertemu, pasti menambahkan kehangatan dan membuat keadaan yang tegang menjadi cair.

4. HADIAH BERUPA KARYA TULISAN. Kiriman sms atau pesan di facebook berupa kata-kata motivasi, mampu membangkitkan semangat dan member kekuatan yang baru. Saya pun sering dikirim dan mengirim sms yang demikian. Saat sedih, sms dari teman membuat saya tersenyum dan tertawa lagi.

5. HADIAH BERUPA PUJIAN. “tempatmu akan naik dengan mengangkat dan memuji orang lain” demikian ungkap Robert Green Ingersoll. Ya mereka yang mengangkat dan membawa dunia ini ke depan adalah mereka yang lebih banyak memberi semangat daripada member kritik. So, bersiaplah member pujian tulus kita kepada teman-teman.
NEXT - Hadiah yang PAS ...

Selasa, 26 Juli 2011

2 jabat tangan....


Hidup adalah saling memberi dan menerima. Kita mendapatkan cinta dari bapa ibu , pacar, saudara, atau sahabat. Kita mendapatkan ilmu dari Budhe Guru, Pakde Dosen dan dari pengalaman orang lain. Rasa aman kita dapatkan dari kehadiran pa Satpam , bu polisi , om tentara. Senyuman, tawa, lukisan indah dan lagu lagu kenyennnnn kita dapatkan dari sentuhan para seniman. Bahkan bahan makanan kita didapat dari pakde petani.

Kita duduk dibawah pohon yang ditanam oleh generasi sebelum kita sambil menikmati buahnya. Wajarkan kita berbuat seenak hati...??? tidaklah kita terpanggil untuk menamam sama seperti generasi sebelumnya...??

Sesungguhnya ketika melayani pada saat yang sama kita pun dilayani. Pada saat memberi saat itu pun menerima, jangan pernah menganggap bahwa kita saja yang melayani, sebenarnya orang lain pun melayani kita, lihatlah orang yang berjabatan tangan ketika Kita menyentuh tangan orang lain, sebenarnya tangan kita pun disentuh orang lain.
NEXT - jabat tangan....

Senin, 25 Juli 2011

1 komentar kecewa..

Kecewa adalah ketika hati merasa bahwa apa yang dilakukan oleh Dia gagal membuat hati merasa nyaman. Perasaan itulah yang kurasakan malem ini, aku kecewa yah aku kecewa.
kayanya memang perempuan kali ya selalu cepat merasa kecewa, marah atau tersinggung, apalagi kalo mendekatin dateng bulan, hmmm .... ( ini yang biasa di jadikan alasan sih meskipun terlihat cari cari alasan )
Tapi terserah mau dibilang apa, pokoknya sumpah pramuka dech aku kecewa malem ini, Dia merasa cuma bercanda dan mencoba mengcairkan suasana tapi sungguh lawakannya bikin aku tersinggung...
apa sih bedanya serius ama bercanda..???
Apakah diacara ngobrol serius kita harus ledek ledekan ? terus di acara bercanda kita harus serius..? aneh aku ya kalau aku ngga bisa bedain.. ( harusnya aku adalah orang yang bisa membedakan suasana ), sehingga acara ngobrol pun bisa aku nikmati...
NEXT - kecewa..

Sabtu, 09 Juli 2011

2 Mabuk Teknologi


Tiba - tiba menyadari ada banyak perubahan - perubahan yang terjadi pada diri kita , lingkungan dan aturan -aturan yang berlaku dimasyarakat. Pernahkan kita memahami manfaat gaya hidup konsumetif, Makna tentang telepon ber jalan ( HP maksudnya...:P ) , Warung fast food yang berjamur, busana ala mariah carey, lukisan tato di bahu kanan dan kiri , anting -anting yang mendarat sampai ke hidung, bibir, dan lidah ? atau pernahkah kita berpikir tentang kritis apa yang dihadapi dunia ini, tentang perang Ideologi , teroris, perebutan kekuasaan, pasar bebas, kelaparan , jual beli manusia , pokoknya kaya dunia tanpa batas deh.Atau jangan - jangan kita memilih jadi katak dalam tempurung , yang berpikir sempit, terkotak,bingung, gagap yang terombang - ambing arus modernisme.

Mungkin betul apa yang digambarkan oleh Yasiaf Amir Piliang yang mengatakan bahwa hidup kita saat ini bagaikan hidup di lukisan " Heirony Mus Bosch " kalo ngga salah judulnya " the paradise and the hell " . hidup antara surga dan neraka, antara orang saleh dan pendosa,atau antara malaikat dan setan ( bukan setan merah MU loh..:P ). Atau lebih mengerikan lagi seperti yang dilukisan " Teodere Gericault , Rakit medusa " yang penuh kepanikan, ketakberdayaan, ketakutan dan usaha yang sisa sisa. Atau mungkin juga kita hidup dalam dunia yang serba terbalik , Jujur dianggap dungu, sederhana dianggap primitif , kelicikan dianggap pahlawan, harapan dan kekecewaan lebur jadi keputusasaan dan kemarahan.

Dunia barat masih dijadikan kiblat kemajuan teknologi, mulai dari film,musik, hingga internet dan games lainnya.Hampir semua barang masuk tanpa hambatan, sensor, seleksi, dan tanpa kebijaksanaan yang dapat membawa keselamatan bagi umat manusia, yang akibatnya kita memuja - muja kehebatannya tanpa sadar kita sedang diracuni. Sebuah kekhawatiran yang oleh " John Naisbitt " disebut sebagai Zona mabuk Teknologi. Sebuah keadaan yang membingungkan,membuat gamang, yang pada akhirnya mempengaruhi keberagamaan,seni,kehidupan sehari -hari , dan kemanusiaan kita .

Zona mabuk teknologi yang dimaksud mungkin sebagai berikut ..pertama Kita lebih menyukai penyelesaian secara Instan dan kilat . Hidup ingin serba mudah, serba segera, dan melupakan proses sebagai bentuk usaha menuju penyelesaian. Kedua Antara kita takut sekaligus memuja teknologi . Suatu saat kita memeluk teknologi dengan penuh kebanggaan sebagai sesuatu yang membuat hidup kita lebih baik, tapi kemudian sakit hati mankala teknologi tidak sesuai harapan dan keinginan. Ketiga Kita pura pura buta antara yang nyata dan yang semu. Kita bingung menunjuk mana yang asli mana yang palsu karena teknologi telah menyembunyikan dan melebih - lebihkan . ( kaya editan foto..:P ). Keempat Lebih menerima kekerasan sebagai sesuatu yang wajar. Kekerasan yang dikemas dan jadi bahan tontonan dari mulai film , games yang secara tidak sadar berpengaruh pada perilaku masyarakat. Kelima Lebih mencintai teknologi dalam wujud mainan. Sebagian orang menempatkan acara " Menikmati kesenangan " sebagai prioritas utama.Ruang keluarga yang dulu merupakan ruang berisi kursi yang nyaman , kini mirip etalase berjalan yang diisi dengan VCD, Televesi, Playstasion dan kawan kawan.

Marilah kita merenung sejenak,menyadari apa yang kita lakukan,sambil sujud dalam keheningan dan kesenyapan , karena kesenyapan menyuburkan pikirian, perenungan mengembangkan kebijaksaanaan, mendengarkan menghasilkan kemanusiaan.Tak ada kesenyapan maka tak akan ada ruang untuk berpikir, untuk itu kita perlu " menampar " muka sendiri ,membangunkan diri dari mimpi -mimpi yang melenakan , dan menyadari posisi kita sebagai masyarakat yang beradab, beragama
NEXT - Mabuk Teknologi

Selasa, 05 Juli 2011

0 Surat cinta buat bapa mama


Bapa Mama
Beranjak gede aku semakin jarang mengatakan aku sayang kalian berdua. Aku merasa itu adalah tindakan anak kecil banget. Kenyataannya adalah aku menyayangi kalian dan bahkan tak pernah berkurang selalu lebih dan lebih.
Aku tahu kalian pun tahu, tetapi bagaimanapun aku ingin mengatakannya, aku tak kan pernah bisa membalas jasa kalian untuk membesarkanku, ada banyak pengorbanan dan biaya yang kalian berikan hingga aku jadi segede ini.
Aku sangat sangat berterima kasih akan semua ini , cinta kalian, semangat kalian, kekuatan kalian adalah hal terhebat dan ajaib buat aku.
Maafkan aku jika jarang dan belum cukup mengatakan pada kalian , tapi ingatlah selalu bahwa aku sangat sangat mencintai kalian selalu.

anakmu tersayang...
NEXT - Surat cinta buat bapa mama

Senin, 04 Juli 2011

3 Tamu ...


Lewat sebuah peristiwa tadi pagi membuat aku berpikir bahwa kita adalah tamu bagi sesama kita baik undang maupun tidak...? kita dikatakan tamu yang diundangkan tak kala ada seseorang yang menghubungi kita untuk sebuah berita kebahagian baik lewat lisan, sms maupun selembar undangan,tentu kita merasa tidak enak jika tidak hadir memenuhi undangan itu sama tidak enaknya jika kita hadiri sebuah pesta tanpa ada undangan.

Maka sikap tamu yang ada di diri kita adalah sikap yang dirancang untuk tempat, perasaan yang dirancang pula.Undangan atas tamu untuk kebahagiaan ini memang sudah dirancang untuk orang orang tertentu saja yang berarti tidak semua orang diundang. mengapa bisa begitu ya..? apakah dalam kebahagiaan ini ada unsur timbal balik yaitu amplo yang diberikan berbanding lurus dengan makanan yang disediakan..? tapi aku yakin bahwa hal ini terjadi hanya berhubungan dengan masalah keterbatasaan aja yang mungkin juga diketahui oleh si pengundang Permasalahannya mungkin bukan ukan masalah mengundang atau tidak ,mungkin kebahagiaan cukup dirasakan secara perwakilaan saja.
Kita bandingkan jika kita tiba tiba menjadi tamu yang tidak diundang, hal ini biasanya terjadi saat ada berita kematiaan atau musibah yang terjadi pada siapa aja baik dikenal ataupun tidak, semua berjalan spotan semua datang tanpa undangan tetapi tetap dengan amplo yang mewakili rasa belasungkawa mereka,apa kesedihan membutuhkan lebih banyak orang untuk ikut berduka yang tidak perlu undangan untuk menyuruh mereka datang..?? yang jelas aku ngga tahu..tapi yang pasti kita adalah orang yang akan berada di kedua situasi itu baik menjadi saksi atas datangnya sesuatu atau perginya sesuatu,suatu hari hari nanti kita juga akan mendapat giliran menjadi tuan rumah baik sebagai yang punya hajat atau sebagai yang punya musibah. TUNGGU AJA....
NEXT - Tamu ...

Kamis, 30 Juni 2011

0 senja yang menghilang ....

senja yang menghilang ....

telah kembali dalam pangkuan lengan

malam

tertidur dengan senyuman ketenangan

membangun mimpi dalam keindahan

sambil bermain bersama purnama dan

bintang

senja yang menghilang...

kini waktunya untuk istirahat

melepas lelah gundah gulana itu

sejenak kembali bercengkrama

sambil menanti datangnya matahari

senja yang menghilang

kau telah kembali.....

NEXT - senja yang menghilang ....

Kamis, 23 Juni 2011

2 10 thing a bout me

Aduh yang kemarin juga belum selesai PRnya. Eeee, udah dikasih PR lagi sama Miss. Hujan Bonit ( bang Meggy z sing a song "Sungguh teganya dirimu teganya teganya teganya teganya.," ). Tugasnya ceritain 10 hal tentang diri sendiri lagi, itu kan sulit sulit sulit banget,ceritain diri sendiri lebih susah daripada nyeritain orang lain.... ( boleh nawar jadi 5 ngga miss please... )

Baiklah baiklah acara gunting pita " 10 thing a bout me " sekarang resmi di buka..:)
1. Kembar
aku aku memang terlahir super super spesial,gimana ngga spesial aku lahir ngga dirian tapi langsung dikasih temen, bukan kembar identik sih tapi kembar dampit iya kembar 1 cewe 1 cowo tepat pukul 06.00 pada tanggal 17 maret yang kemudian lebih terkenal dengan nama ESTIKA PURWANTI... :)

2. Milo dingin
Apapun suasananya, apapun cuacanya, apapun keadaannya,plus apapun makanannya,minumnya tetep ..... MILO DINGIN.....:P

3. Bintang
Sebenernya ngga cuma bintang, aku suka semua yang hal tentang jagad raya pokoknya " keluarga Tata surya " deh mulai dari matahari,bulan,planet,galaksi, komet, meteor,satelit,Strak Trek bahkan alien pun termasuk...:P.Entah kenapa aku sangat suka sama bintang,Mungkin karena terbiasa ngobrol setiap malam dengannya,mungkin juga ada perasaan bahagia ketika melihatnya,Ada magnet dan misteri yang sanggup menarik diriku untuk melihatya,Rasanya seperti ada rasa hangat , rasa tenang dan sanggup membuatku terdiam lama.Selain ngobrol sama bintang menghitung bintang pun sering kulakukan ada banyak cerita yang terangkai bersama bintang, bintang tempat mengadu jika aku kesal.marah,kecewa,sedih atau senang sekalipun, mungkin aneh tapi aku lebih suka menceritakan hal hal kecil yang tidak ingin diketahui orang lain pada bintang.Dan begitu banyak rahasia yang ku titipkan lewat sinar bintang.

4. Ngebolang
Kalo ini kegiatan yang ngga mungkin aku tolak " Ngebolang " , entah itu cuma muter2 di Gramedia, atau sekedar jalan2 dikota Bandung ( asli jalan kaki loh ) pasti aku suka, lebih seru lagi kalo nyampe kesasar ke kota orang makin asyik tuh, tersesat di jogja udah pernah, sekarang sih lagi ngarep tersesat di wilayah "BROMO" hehehehe

5. Sendiri / Menyendiri
Kalo yang ini udah sering banget kena demo ama Protes dari " Ibu Komandan " abis doyannya pergi- pergi sendiri ( wajar gitu loh putri komandan cantik atu atunya dirumah sih takut kenapa2 ).Sekalinya kumpul ama temen temen paling cuma bentar gabung sisa bakal asyik cari pojokan buat menyendiri ditemenin si iPod.

6. PenCinta Bola
Kalo udah nyangkut dunia perbolaan,mauu dini hari,bedug siang atau malam minggu sekalipun pas team Manchester United maen di jamin hujan badai dor dar gelap pasti di tonton ( jadi yg mau jadi pacar siap2 ngga ada acara date di malming.:P )

7. Musik
kalo aku doyan dengerin musik jazz ama instrumental sih, tapi ngga nutup telingga kok ama jenis musik lain semua aku dengerin juga cuma jazz ama instrumental lebih sering. Kitaro ama Sherina dua musisi yg aku kagumi, but jangan suruh aku naik pentas buat sing a song jangan jangan bisa bisa ntar pada kena infeksi telinga. ( biar miss. hujan Bonit aja yang nyanyi dijamin sakit perut... piss miss...;p )

8. High heels
Jenis sepatu yang paling ngga bisa diajak ce es an ,jadi kalo pas ada acara harus gunain High heels dijamin pasti bakal " Panas dingin " mikirin gimana cara jalannya..:)

9. Boscha
Tempat paling keyennnnnn ama seruuu , tempet yang cocok buat kaabuurrrr kadang kadang... (hush, jangan bilang-bilang ibu komandan yaaa...:D )

10. Doyan Olahraga menantang
Paralayang ama Arum jeram 2 olahraga yang udah dicobain, tapi sekarang lagi pingin banget cobain Bungee jumping ama terjun payung....( ada yang mauu ajak aku nggak...??? )

yaaa kebuka deh siapa aku aku, semoga kaka cantik, kaka cakep, de2 cimut, om , tante, budhe, pakde, eyang akung, eyang uti di keluarga Bloof tetep bersedia jadi minten lovers hehehehe dan buat Miss hujan PRnya udah de2 kerjain awas loh kalo ngga di kasih A+ dirapot...:P , Miss Hujan nanti nanti PRnya jangan suruh cerita lewat tulisan yaaaa bikin panas dingin tauuuuu SUSAH...!!!
NEXT - 10 thing a bout me

Rabu, 22 Juni 2011

1 komentar Game over ...

Bukan koma lagi
Bukan tanda seru lagi
Bukan tanda tanya lagi
Tapi ini adalah titik
Titik akhir dari semua hal
Yaa Titik game over....
NEXT - Game over ...

Minggu, 19 Juni 2011

2 Saat sendiri


Jika ada waktu yang paling tepat untuk merasakan betapa pentingnya peran orang lain bagi diri kita , adalah pada saat kita sendiri.Cobalah eja saat saat itu, lalu susunlah ia menjadi bangunan yang bernama kepentingan. Kita akan merasakan betapa kita punya begitu banyak kepentingan kepada orang lain, baik kita sadari secara langsung maupun tidak.
Dewan juri yang memanggil seorang juara,misalnya, tentu hanya akan menyebut nama orang yang bersangkutan.
Padahal, dibelakang sang juara itu pasti ada sejumlah tangan yang berperan penting dalam kehidupannya. Orang tua, teman,guru, pelatih dan suporter.
Mereka ini tentu tahu diri untuk tidak mengklaim bahwa diri mereka punya andil bagi sang juara.Tetapi jika dipikir pikir, peran mereka yang tidak kecil itu justru menjelaskan apa sesungguhnya peran yang dimainkan oleh sang juara.Cobalah dimulai dari orang tua.Jika mereka tak merestui sang juara untuk bertanding, mungkin ceritanya akan lain.Begitu juga teman, guru, pelatih , atau suporter.
Bayangkanlah jika tak ada sosok sosok mereka disamping sang calon juara yang sedang bertarung dalam pertandingan.Jadi, sesungguhnya ketika namanya dipanggil sebagai pemenang, sang juara hanyalah sedang memainkan sebuah peran : menjadi duta bagi orang tua,teman, guru, pelatih dan supoter yang telah mengamanahkan sebuah kepercayaan kepada dirinya.
Pada saat sendiri kita baru merasakan betapa terlalu lemahnya diri kita jika harus bertarung seorang diri.
Di sinilah kita baru merasakan bahwa diri kita sesungguhnya tidak menyediakan tempat bagi kesombongan, karena seluruh ruangannya telah diisi oleh jasa jasa orang lain yang tak terhitung jumlahnya. Ketika kesombongan telah menguasai diri kita, tentu kita tahu bahwa inilah yang sedang terjadi : kita mengusir jasa jasa orang lain dari ruang ruang diri kita. Kita kosongkan ruang ruang itu, lalu kita undang kesombongan untuk bersemayam di dalamnya.
NEXT - Saat sendiri

Sabtu, 18 Juni 2011

0 jingga ....

Diujung lembayung Jingga
Kutatap indahnya langit yang tak bersuara
Dan Ku pun membisu
Hanya sekejap kumenatap
Seakan aku berada di awan jingga
Seperti itu aku menyukai jingga
Sama seperti mereka menyukai dirimu
Karena bagiku kau begitu Indah
Seperti jingganya langit senja yang meski terkadang
tak selalu hadir Indah
Indah ketika saat waktunya telah tiba
NEXT - jingga ....

Jumat, 10 Juni 2011

0 Dua Tangan Dua Telinga

Kadang aneh , jika melihat orang zaman sekarang . Temannya sangat banyak , tidak satu kota dan satu negara , tapi juga lintas benua. Namun ada sebagian yang tidak kenal dengan tetangganya sendiri, mereka lebih kenal Luna maya, David Bechkam , SBY , dibandingkan mengenal nama tetangga di seberang jalan.

Ya bagaimana mau menolong , berbagi rezeki , dan saling mengingatkan jika namanya saja tidak kenal , maka jangan heran ketika sakit , sakitnya pun ditanggung sendiri , ketika susah , susahnya sendiri , bahkan meninggal dunia pun dia harus mengurus sendiri ( keluarga maksudnya ). Malahan peranan tetangga digantikan yayasan pemakaman sekarang.

Keadaan seperti ini sulit kita jumpai 15 tahun ke belakang, bahkan saat kehidupan desa masih " MENYENANGKAN " hampir setiap orang kenal dengan warga sekampung , hidup terasa lebih indah persaudaraan ada dimana mana. Saat membutuhkan pertolongan tanpa perlu diminta orang orang datang sendiri kerumah.

Ternyata analogi dua tangan sudah jarang digunakan, bukannya lebih seru jika kita bisa seperti dua tangan ,walau berbeda tempat , kiri dan kanan harus saling mengunjungi ,bersilaturahim , bantu dan menguatkan. Ada banyak pekerjaan sulit dapat diselesaikan atas kerjasama dua tangan kita. Tangan kiri tidak pernah iri dengan tangan kanan sebaiknya tangan kanan pun tidak pernah mencemooh tangan kiri bahkan mau saling berbagi , Ketika membeli jam tangan contohnya sebagus apapun jam tangan itu tangan kanan akan rela tangan kiri memakainya . Yang ada sekarang analogi dua telinga lebih dominan berlaku disaat ini walaupun berdekatan bahkan ditempat yang sama, mereka tidak pernah saling melihat dan mengunjungi, terlihat keduannya sibuk dengan pekerjaan masing masing sangat individualis mana seru hidup begitu.
NEXT - Dua Tangan Dua Telinga

Senin, 06 Juni 2011

1 komentar Hepatitis..


Pernah sakit hati gara gara diduain sama pacar ? Ugh sakit banget rasanya, tapi sakit hati yang itu pasti lebih ringan daripada sakit hati beneran, wah kalau yang ini jangan sampai terjadi sama diri kita deh !
Hati adalah organ yang punya peranan cukup penting dalam tubuh manusia. Hati berfungsi untuk menetralkan dan membuang racun yang masuk kedalam tubuh kita. Kalau hati ngga bekerja dgn baik, bisa gawat kan..?
Ada 2 penyakit berbahaya yang cukup populer yang menyerang hati, yaitu Hepatitis B dan C, kedua penyakit ini bukan cuma bisa bikin hati kita sakit dan nggak kerja dengan baik, tapi juga bisa membahayakan nyawa kita karena penyakit bisa berkembang menjadi kanker hati.
Apa penyebabnya?
Penyebab kedua penyakit ini adalah virus yang punya nama sama dengan penyakitnya yaitu virus hepatitis B dan C. Tapi ada juga faktor lain yang bikin kita kena Hepatitis B dan Cmisalnya, keracunan obat dan banyaknya zat kimia yang dipakai dalam obat obatan sekarang ini.Meski ngga sepopuler HIV AIDS virus ini ternyata 100 kali lebih ganas dan 10 kali lebih sering menularkan.
Siapa dan bagaimana ?
Penyakit Hepatitis B dan C bisa diderita oleh semua orang dari segala usia. Tapi anehnya menurut Prof.dr.H Ali sulaiman p.h.D penyakit ini cenderung banyak terjadi pada bangsa yang berkulit kuning , seperti orang Asia khususnya Asia tenggara, cina dan korea. Negara lain yang penduduknya juga banyak penderita penyakit ini , adalah Afrika. Sampai saat ini masih belum ditemukan jawaban kenapa bisa terjadi pada penduduk Asia.
Media penularan hepatitis B dan C ini bermacam macam, cara penularan yang paling pasti adalah melalui persalinan. Jadi seorang bayi bisa tertular hepatitis B dan C jika sang ibu terkena penyakit yang sama. Selain itu penyakit ini bisa menular melalui transfusi darah, tindik telinga, dan hubungan seks. Pemakaian bersama sikat gigi,pisau ukur sampe alat manicure juga bisa menjadi sumber penularan. Iho.. wah! mesti hati hati juga nih kalau ke salon.
Apa ciri cirinya ?
Hepatitis B
Biasanya diawalin dengan gejala ringan, misalnya saja perut tiba tiba nggak enak lalu mual mual dan muntah.Gejala lainnya kita jadi nggak nafsu makan, demam ringan,nyeri sendi, dan pembengkakan pada perut bagian kanan atas.Dengan gejala awal yang ringan dan samar samar ngga heran kau banyak orang yang terlambat mengenali penyakit ini. Biasanya sih mulai sadar seminggu setelahnya yaitu saat gejala utama muncul ciri cirinya semua kulit dan badan kita menjadi kuning, mata bagian putih menjadi kuning dan air seni kita pun jadi berwarna pekat seperti teh. Makanya penyakit ini juga punya nama beken yaitu penyakit Kuning. Hepatitis B ini dibilang kronis apabila ada radang dihati ( Sirosis hati ) gejala yang timbul bisa jadi muntah darah, Iho !
Hepatitis C
Secara keseluruhan gejala hepatitis c hampir sama dengan hepatitis B bedanya hepatitis c punya gejala umum yang utama kelelahan kronis jadi orang yang terkena hepatitis c selalu terlihat capek.
Apa obatnya ?
Selain berobat secara teratur dan istirahat yang banyak, biasanya penderita juga disarankan untuk diet dengan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, garam, protein, dan lemak yang tinggi.
Memang telah ditemukan obat yang bisa membasmi virus hepatitis B dan C yaitu dengan menyuntikan interferon alfa-2b selama 6 bulan.
NEXT - Hepatitis..

Kamis, 02 Juni 2011

0 Pelangi ....


Dahulu,terjadi pertengkaran hebat antara warna warna di Bumi . Semua mengklaim dirinya paling hebat dan paling berguna. Si Hijau berkata, "Akulah yang terpenting. Aku simbol kehidupan dan pengharapan.Aku dipilih oleh rerumputan dan pepohonan.Tanpa diriku, semua makhluk akan mati .
" Si Biru menyela, " Jangan hanya berpikir tentang Bumi. Lihatlah birunya langit dan lautan. Air adalah sumber kehidupan, langit memberi ruang dan kedamaian."

Si Kuning menimpali, " Ah, kalian terlalu serius. Aku membawa kegembiraan dan kehangatan di dunia. Matahari berwarna kuning, juga Bulan. Tanpa kehadiranku tak ada kegembiraan."

Si Jingga tak mau kalah, " Aku simbol kesehatan dan kekuatan. Buktinya, aku dipercaya melayani kebutuhan manusia, membawa vitamin penting bagi kehidupan. Coba lihat aku pada wortel, jeruk dan pepaya."

" Aku darah kehidupan ! Lambang keberanian dan Cinta. Tanpaku, Bumi akan kosong melompong," sela si Merah.

Sementara itu si Ungu menjerit jerit, " Aku adalah warna aristokrat dan kekuatan. Para raja dan pemimpin selalu memilih warnaku untuk pakaian dan aksesori mereka."

Pertengkaran semakin sengit. Masing masing tidak mau mengalah. Dan tiba tiba muncul Mr. Kilat dan gelegar suara Mrs. petir disertai miss Hujan deras. Tanpa dikomando warna warna itu ketakutan, lalu tanpa sadar saling mendekat mencari perlindungan.Sang miss Hujan berkata, " Hei, bocah bocah warna ! Jangan bertengkar ! Ketahuilah, masing masing kalian diciptakan untuk khusus, unik, dan berbeda satu sama lain. Kemarilah, saling ber big big big pelukan. " bocah bocah warna itu melakukan apa yang dikatakan mis Hujan. " Mulai sekarang setiap kali turun hujan, masing masing kalian akan terentang di udara dalam satu pelangi yang indah, sebagai peringatan bahwa kalian harus hidup bersama dalam damai."
NEXT - Pelangi ....

Minggu, 29 Mei 2011

4 " Seribu Wajah Lupus "


Kini nama Lupus nggak lagi identik dengan sosok remaja cowok berjambul yang suka meniup permen karet.Soalnya nama lupus kini menandakan penyakit berbahaya, yang sayang masih sering dipandang sebelah mata.Sekarang saatnya membuka mata lebar lebar tentang Si Lupus ini !!!!
Akibat Hiperaktif
Penyakit ini memang belum setenar kanker, namun sama merusaknya selain belum ada obatnya, penyakit ini juga menyebar keseluruh organ didalam tubuh, akibatnya kalau nggak ditindak lanjut lebih jauh bisa menyebabkan kematian ! Dan walaupun namanya masing asing tapi nyatanya sudah banyak orang yang terkena lupus, yang bikin seram lagi cewek cewek diusia produktif ( 15 -40 ) ternyata lebih rentan mengidap lupus !
Si Lupus yang mematikan ini sebenarnya masih menjadi teka teki besar didunia kedokteraan karena belum diketahui secara pasti penyebab dan cara penyembuhannya, ada yang menduga kalau keterlibatan genetik,hormon, dan faktor lingkungan ikut berpengaruh terhadap timbulnyapenyakit ini.Tapi yang pasti, lupus berhubungan erat dengan sistem imunitas manusia yang berkembang secara abnormal.
Seperti yang kita ketahui,tubuh kita mempunyai antibodi yang bertugas melawan semua virus penyakit yang masuk ketubuh. Nah , pada odapus (orang dengan lupus) sistem antibodi ini menjadi hiperaktif, Si antibodi menganggap jaringan tubuh sebagai benda asing yang harus dilawan, dan akibatnya mereka menyerang tubuh sendiri. Hmmm aneh juga ya ? bukannya melindungi, tapi kok malah menyerang makanya penyakit lupus juga dikenal sebagai autoimmune disease atau penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan.
Si Plagiator
Yang bikin penyakit bernama lengkap systemic lupus erythematosat ( SLE ) ini susah untuk terdeteksi adalah karena sifatnya yang suka meniru.Saat menyerang ginjal, misalnya si penderita sering divonis penyakit ginjal, saat meyerang persendian sering kali si penderita divonis mengidap rematik. Akibat kemampuannya meniru berbagai penyakit inilah maka lupus juga dikenal sebagai penyakit seribu wajah atau Si penipu ulung. Gejala gejala nya juga serupa dengan penyakit umum yang kita jumpai sehari hari, misalnya demam, pegal pegal, lemah, letih, lesu turunnya berat badan makanya banyak kasus dimana dokter salah mendiagnosa si lupus ini sebagai penyakit biasa dan akhirnya terlambat untuk ditangani.Untungnya kita sudah ada 11 kriteria dari American Rheumatism Association ( ARA )yang bisa membantu kita mendiagrosa lupus. Kalau kita mengalami 4 dari 11 kriteria ini, cepat cepat periksa ke dokter !
- Bercak merah diwajah yang bentuknya menyerupai kupu kupu ( butterfly rash ) by the way ini adalah petunjuk utama seseorang mengidap lupus, maka simbolnya penyakit ini adalah kupu kupu
- Rona merah pada kulit tubuh
- Sensitif terhadap sinar matahari, karena kulit langsung menjadi kemerahan
- Nyeri sendi disekitar jari yang disertai kemerahan dan pembengkakan
- Kelainan ginjal
- Kelainan neourologis seperti kejang kejang halusirasi, susah menghitung
- Kelainan darah berupa anemia
- Penumpukan cairan dirongga paru atau rongga jantung
- Kelainan Imunologi
- Setelah dites dilab hasil ANA ( Anti Nuclear Antibody ) kita positif.
NEXT - " Seribu Wajah Lupus "

Kamis, 26 Mei 2011

1 komentar Yang diam ....

Yang diam
Bukan karena bisu
Yang diam
Yang teramat rindu
Yang diam
Bukan kehabisan kata
Yang diam
Yang teramat sayang
NEXT - Yang diam ....

Sabtu, 21 Mei 2011

1 komentar kematian...

Kematian adalah sesuatu yang sulit dipahami sekalipun begitu sering terjadi bahkan manusia akrab dengan kematian sebagaimana dia juga akrab dengan kehidupan. Mati hidup dua unsur yg di pergilirkan. kematian itu wajar tapi kenapa tak pernah habis tuk dipikirkan. Mati itu mengherankan.Perbedaan antara mati dan hidup hanya setarikan napas saja. Andai saya bisa melihat batasnya, dan andai saja semua ini tidak begitu tiba-tiba. Andai saja kita semua punya cukup waktu dalam hidup untuk memahami kematian. Tapi waktu tidak pernah cukup untuk menjawab semua pertanyaan.
NEXT - kematian...

2 bintang....

Entah kenapa aku sangat suka sama bintang,Mungkin karena terbiasa ngobrol setiap malam dengannya,mungkin juga ada perasaan bahagia ketika melihatnya,Ada magnet dan misteri yang sanggup menarik diriku untuk melihatya,Rasanya seperti ada rasa hangat , rasa tenang dan sanggup membuatku terdiam lama.Selain ngobrol sama bintang menghitung bintang pun sering kulakukan ada banyak cerita yang terangkai bersama bintang, bintang tempat mengadu jika aku kesal.marah,kecewa,sedih atau senang sekalipun, mungkin aneh tapi aku lebih suka menceritakan hal hal kecil yang tidak ingin diketahui orang lain pada bintang.Dan begitu banyak rahasia yang ku titipkan lewat sinar bintang.
NEXT - bintang....

Jumat, 20 Mei 2011

0 aku cemburu...

aku cemburu,
karna pelangi indah
tlah mendahuluiku
setelah hujan
aku cemburu
Karna desiran angin
Tlah mendahuluiku tuk bercengkerama denganmu
Dan aku cemburu,
Mengapa semua mendahuluiku ?????
NEXT - aku cemburu...

Rabu, 18 Mei 2011

3 jangan biarkan pagi membunuhku...!

Aku rindu menjadi aku
melukis mimpi bersama matahari
kapan aku bisa singgah lagi
dibahumu, kasihku ?
pagi selalu menyiksaku
memukulku dengan keras hingga
aku mengaduh
tolong marahi pagi, agar tak
kasar padaku...
jangan biarkan pagi membunuhku..!
NEXT - jangan biarkan pagi membunuhku...!

Sabtu, 07 Mei 2011

1 komentar DiCUEKIN itu Nyebeliiiiiiiiiiinnn!!!

Kalau ada hal yang tak aku sukai di dunia ini adalah “dicuekin”. Tau nggak sih…, kalau dicuekin itu nyebeliiiiiiiiinnnnnnnnnnn…….!!!!!!.Bukankah tak ada manusia yang sempurna di dunia ini? Yang namanya manusia pastilah pernah berbuat salah dan ga mungkin bisa ikut semua mauu tiap orang satu persatu tangan aku cuma dua . Tapi jangan dengan cara dicuekin dunk hukumannya, karena itu menurutku terlampau berat deh. Mendingan dikritik, dicaci, dimaki, didamprat, dicela atau diapain aja deh asal jangan dicuekin.
NEXT - DiCUEKIN itu Nyebeliiiiiiiiiiinnn!!!

0 setelah..

Setelah sekian lama berlalu
Tak bisa kulupakan salahmu
Meskipun kau berlutut memohon maafku
Gelas yang retak tak dapat ku rangkai lagi

Sekiranya kudapat kembali lagi
Kemasa silam kala kau tinggalkan aku
Ku akan menghilangkan rasa itu
Sehingga ku tak mendendam padamu

Jangan memohon,jangan berkata
Jangan meminta,jangan memaksa
Aku tak bisa melupakan segalanya
Dan kurasa ku kan selalu dendam padamu

Kuingin membencimu,agar galaui ini berlalu
Kuingin membencimu,saat mataku tak mampu,
Tutupi kenyataan, membuka kan luka

Ku senandungkan lagu rinduku
Diantara dan terucap tak sempurna
NEXT - setelah..

Kamis, 14 April 2011

1 komentar jatuh cinta .....


Aku benci jatuh cinta, aku benci merasa senang bertemu lagi dengan kamu, senyum senyum ngga jelas ngga tahuu kenapa. Aku benci menunggu kamu sapa dan saat kamu sapa aku akan bersembunyi dibalik senyum, lalu berusaha mencari kalimat kalimat lucu agar kamu tertawa, karena menurut Hoki si ayam manis cara mudah membuat orang suka dengan kita adalah dengan membuatnya tertawa.. moga moga trik si hoki kali ini bener...( ngga yakin 100 % sih ..)
Aku benci deg degan menunggu sms kamu muncul di inbox dan aku benci kenapa aku harus memakan waktu begitu lama untuk membalasnya,
Aku benci ketika jatuh cinta semua harus sempurna yang aku ucapkan seolah olah harus tanpa cacat atau aku bisa kehilangannya,
Aku benci harus berada diposisi ini, tapi aku tidak bisa menolak apa lagi tawar menawar...
Aku benci ketika kamu melepaskan jacket kesayanganmu hanya untuk melindungin ku dari guyuran hujan, saat kau lakukan itu membuat aku berhenti bernafas , aku merasa canggung , aku deg degan setengah mati dan ingin berlari jauh karena mukamanisku merah kaya udang rebus...:P
Aku benci harus sadar atas ke canggungan itu... tapi tidak bisa melakukan apa apa
Aku benci jatuh kepadamu karena didalam perasaan canggung, gugup, dibalik rasa kangen aku sungguh sungguh takut kehilangan muuuuuu...
NEXT - jatuh cinta .....

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Blog's Stats

 

Smile Corner | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform