Minggu, 29 Mei 2011

" Seribu Wajah Lupus "


Kini nama Lupus nggak lagi identik dengan sosok remaja cowok berjambul yang suka meniup permen karet.Soalnya nama lupus kini menandakan penyakit berbahaya, yang sayang masih sering dipandang sebelah mata.Sekarang saatnya membuka mata lebar lebar tentang Si Lupus ini !!!!
Akibat Hiperaktif
Penyakit ini memang belum setenar kanker, namun sama merusaknya selain belum ada obatnya, penyakit ini juga menyebar keseluruh organ didalam tubuh, akibatnya kalau nggak ditindak lanjut lebih jauh bisa menyebabkan kematian ! Dan walaupun namanya masing asing tapi nyatanya sudah banyak orang yang terkena lupus, yang bikin seram lagi cewek cewek diusia produktif ( 15 -40 ) ternyata lebih rentan mengidap lupus !
Si Lupus yang mematikan ini sebenarnya masih menjadi teka teki besar didunia kedokteraan karena belum diketahui secara pasti penyebab dan cara penyembuhannya, ada yang menduga kalau keterlibatan genetik,hormon, dan faktor lingkungan ikut berpengaruh terhadap timbulnyapenyakit ini.Tapi yang pasti, lupus berhubungan erat dengan sistem imunitas manusia yang berkembang secara abnormal.
Seperti yang kita ketahui,tubuh kita mempunyai antibodi yang bertugas melawan semua virus penyakit yang masuk ketubuh. Nah , pada odapus (orang dengan lupus) sistem antibodi ini menjadi hiperaktif, Si antibodi menganggap jaringan tubuh sebagai benda asing yang harus dilawan, dan akibatnya mereka menyerang tubuh sendiri. Hmmm aneh juga ya ? bukannya melindungi, tapi kok malah menyerang makanya penyakit lupus juga dikenal sebagai autoimmune disease atau penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan.
Si Plagiator
Yang bikin penyakit bernama lengkap systemic lupus erythematosat ( SLE ) ini susah untuk terdeteksi adalah karena sifatnya yang suka meniru.Saat menyerang ginjal, misalnya si penderita sering divonis penyakit ginjal, saat meyerang persendian sering kali si penderita divonis mengidap rematik. Akibat kemampuannya meniru berbagai penyakit inilah maka lupus juga dikenal sebagai penyakit seribu wajah atau Si penipu ulung. Gejala gejala nya juga serupa dengan penyakit umum yang kita jumpai sehari hari, misalnya demam, pegal pegal, lemah, letih, lesu turunnya berat badan makanya banyak kasus dimana dokter salah mendiagnosa si lupus ini sebagai penyakit biasa dan akhirnya terlambat untuk ditangani.Untungnya kita sudah ada 11 kriteria dari American Rheumatism Association ( ARA )yang bisa membantu kita mendiagrosa lupus. Kalau kita mengalami 4 dari 11 kriteria ini, cepat cepat periksa ke dokter !
- Bercak merah diwajah yang bentuknya menyerupai kupu kupu ( butterfly rash ) by the way ini adalah petunjuk utama seseorang mengidap lupus, maka simbolnya penyakit ini adalah kupu kupu
- Rona merah pada kulit tubuh
- Sensitif terhadap sinar matahari, karena kulit langsung menjadi kemerahan
- Nyeri sendi disekitar jari yang disertai kemerahan dan pembengkakan
- Kelainan ginjal
- Kelainan neourologis seperti kejang kejang halusirasi, susah menghitung
- Kelainan darah berupa anemia
- Penumpukan cairan dirongga paru atau rongga jantung
- Kelainan Imunologi
- Setelah dites dilab hasil ANA ( Anti Nuclear Antibody ) kita positif.

4 komentar:


meutia rahmah mengatakan...

nice post...beberapa hari yg lalu kk juga baca ttg penyekit lupus ini..jadi namabah wawan lagi :)


Unik Hanifah Salsabiila mengatakan...

nice post mb minten....dulu temen q ada yg kena pnyakit itu pas masa2 lupus awal2 booming...hhehee...
keep writing mb...terus kasi info buat bloofers...
q tunggu jejaknya di blog q yaaa...^^


BLACKBOX mengatakan...

nice post........


jengjuminten mengatakan...

makasih mas, mba udah mampir ...
diantos mba Unik minten meluncur ke tkp..:)


Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Blog's Stats

 

Smile Corner | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform