Senin, 06 Juni 2011

Hepatitis..


Pernah sakit hati gara gara diduain sama pacar ? Ugh sakit banget rasanya, tapi sakit hati yang itu pasti lebih ringan daripada sakit hati beneran, wah kalau yang ini jangan sampai terjadi sama diri kita deh !
Hati adalah organ yang punya peranan cukup penting dalam tubuh manusia. Hati berfungsi untuk menetralkan dan membuang racun yang masuk kedalam tubuh kita. Kalau hati ngga bekerja dgn baik, bisa gawat kan..?
Ada 2 penyakit berbahaya yang cukup populer yang menyerang hati, yaitu Hepatitis B dan C, kedua penyakit ini bukan cuma bisa bikin hati kita sakit dan nggak kerja dengan baik, tapi juga bisa membahayakan nyawa kita karena penyakit bisa berkembang menjadi kanker hati.
Apa penyebabnya?
Penyebab kedua penyakit ini adalah virus yang punya nama sama dengan penyakitnya yaitu virus hepatitis B dan C. Tapi ada juga faktor lain yang bikin kita kena Hepatitis B dan Cmisalnya, keracunan obat dan banyaknya zat kimia yang dipakai dalam obat obatan sekarang ini.Meski ngga sepopuler HIV AIDS virus ini ternyata 100 kali lebih ganas dan 10 kali lebih sering menularkan.
Siapa dan bagaimana ?
Penyakit Hepatitis B dan C bisa diderita oleh semua orang dari segala usia. Tapi anehnya menurut Prof.dr.H Ali sulaiman p.h.D penyakit ini cenderung banyak terjadi pada bangsa yang berkulit kuning , seperti orang Asia khususnya Asia tenggara, cina dan korea. Negara lain yang penduduknya juga banyak penderita penyakit ini , adalah Afrika. Sampai saat ini masih belum ditemukan jawaban kenapa bisa terjadi pada penduduk Asia.
Media penularan hepatitis B dan C ini bermacam macam, cara penularan yang paling pasti adalah melalui persalinan. Jadi seorang bayi bisa tertular hepatitis B dan C jika sang ibu terkena penyakit yang sama. Selain itu penyakit ini bisa menular melalui transfusi darah, tindik telinga, dan hubungan seks. Pemakaian bersama sikat gigi,pisau ukur sampe alat manicure juga bisa menjadi sumber penularan. Iho.. wah! mesti hati hati juga nih kalau ke salon.
Apa ciri cirinya ?
Hepatitis B
Biasanya diawalin dengan gejala ringan, misalnya saja perut tiba tiba nggak enak lalu mual mual dan muntah.Gejala lainnya kita jadi nggak nafsu makan, demam ringan,nyeri sendi, dan pembengkakan pada perut bagian kanan atas.Dengan gejala awal yang ringan dan samar samar ngga heran kau banyak orang yang terlambat mengenali penyakit ini. Biasanya sih mulai sadar seminggu setelahnya yaitu saat gejala utama muncul ciri cirinya semua kulit dan badan kita menjadi kuning, mata bagian putih menjadi kuning dan air seni kita pun jadi berwarna pekat seperti teh. Makanya penyakit ini juga punya nama beken yaitu penyakit Kuning. Hepatitis B ini dibilang kronis apabila ada radang dihati ( Sirosis hati ) gejala yang timbul bisa jadi muntah darah, Iho !
Hepatitis C
Secara keseluruhan gejala hepatitis c hampir sama dengan hepatitis B bedanya hepatitis c punya gejala umum yang utama kelelahan kronis jadi orang yang terkena hepatitis c selalu terlihat capek.
Apa obatnya ?
Selain berobat secara teratur dan istirahat yang banyak, biasanya penderita juga disarankan untuk diet dengan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, garam, protein, dan lemak yang tinggi.
Memang telah ditemukan obat yang bisa membasmi virus hepatitis B dan C yaitu dengan menyuntikan interferon alfa-2b selama 6 bulan.

1 komentar:


r1baca1 mengatakan...

I am very enjoyed for this blog. Its an informative topic. gejala hepatitis It help me very much to solve some problems.promo diskon
Its opportunity are so fantastic and working style so speedy. jasa seo I think it may be help all of you. Thanks.


Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Blog's Stats

 

Smile Corner | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform